Cara Merawat Motor Matic Injeksi

7 Cara Merawat Motor Matic Injeksi yang Benar agar Awet

Tips perawatan motor matic Injeksi Yamaha Xeon dan Honda Beat. Kita sekarang tahu kalau motor-motor terbaru banyak menggunakan sistem injeksi. Sistem injeksi ini merupakan metode pencampuran udara dengan bahan bakar untuk menghasilkan pembakaran yang baik. Sistem injeksi ini juga membutuhkan alat yang disebut injektor yang menyuplai campuran bahan bakar dengan udara. Sistem injeksi merupakan teknologi penerus sistem karburator pada kendaraan bermotor.

Sepeda motor matik ini ada dua jenis yaitu motor biasa dan sistem injeksi. Motor Matic Injeksi diklaim mampu memberikan tenaga lebih tinggi, namun irit dalam konsumsi bahan bakar. Maka tidak heran jika motor jenis ini terbilang sedikit mahal di pasaran jika dibandingkan dengan motor jenis karbu.

Karena peran penting Motor Matic Injeksi, maka Anda perlu berhati-hati dalam pengoperasian dan perawatan sepeda motor Anda. Tentunya, melakukan servis rutin akan memperpanjang umur sepeda motor dan pastinya menjaga harga jualnya pun tetap tinggi.

Cara Merawat Motor Matic Injeksi

Ada beberapa tips yang bisa anda coba bagi anda pengguna motor matik. Walaupun banyak artikel otomotif menyebut berbagai perawatan motor injeksi wajib di servis bengkel resmi, tapi tidak ada salahnya melakukan perawatan mandiri di rumah.

Cara merawat sepeda motor kini sudah menjadi konsep yang harus dipahami semua orang di sekitar Anda. Apalagi saat ini sepeda motor terutama berkaitan dengan kebutuhan dasar, bukan kebutuhan sekunder. Hal ini dikarenakan memiliki nilai guna dan dibutuhkan oleh hampir semua kalangan.

Bagi anda yang sudah memiliki Motor Matic Injeksi Honda, Yamaha maupun Suzuki, laman tanyaberita.com pada Senin (22/02/2021), akan memberikan tips Merawat Motor Matic Injeksi agar tetap berjalan dengan lancar dan optimal yang telah kami kutip dari berbagai sumber.

1. Ganti Oli Secara Berkala

Penggantian oli secara berkala sangat baik untuk motor matic anda. Tujuannya untuk melindungi bagian-bagian mesin dari korosi dan keausan sehingga nyaman untuk bersepeda motor. Selain itu, penggantian oli mencegah mesin dari panas berlebih, yang dapat merusak bagian-bagian mesin dan membuatnya lebih boros dalam mengonsumsi bahan bakar.

2. Memilih Oli Matic Yang Tepat

Di Indonesia jenis oli matic paling laris diantaranya Motul, Federal, Yamalube, Shell Advance Scooter, dan lainnya. Ada banyak merk oli mesin terbaik yang diproduksi. Setiap jenis oli memiliki karakteristik berbeda sehingga harus sesuai dengan spesifikasi mesin matik yang dimilikinya. Anda sebaiknya memilih oli dengan kekentalan yang pas serta direkomendasikan oleh masing-masing produsen. Artinya, kita tidak perlu sembarangan memilih oli, karena oli yang dipilih memiliki pengaruh yang besar pada performa dan performa mesin motor.

3. Panaskan Motor Secara Teratur di Pagi Hari

Tujuan pemanasan mesin sepeda motor matik adalah untuk mencapai suhu yang optimal untuk melumasi seluruh bagian oli mesin agar seluruh bagian mesin dapat beroperasi secara optimal. Hanya butuh waktu 5-10 menit hingga anda siap menggunakan motornya. Apabila cara merawat motor matic ini tidak dilakukan, maka bisa berakibat motor menjadi brebet dan terasa kurang bertenaga. Begitu juga bagi anda yang mempunyai mobil juga bisa menggunakan tips ini dengan selalu memanaskan kendaraan sebelum digunakan.

4. Tidak Kehabisan Bensin

Banyak orang mengira kehabisan bensin akan merusak sepeda motor injeksi matic. Padahal, anggapan tersebut tidak tepat karena penipisan gas tidak akan mempengaruhi kesehatan mesin. Namun ada baiknya kita jangan sampai kehabisan bensin yang otomatis membuat motor menjadi mogok atau tidak bisa dihidupkan.

5. Mengecek Kondisi Vanbelt dan Roller

Motor matik memerlukan Vanbelt untuk menghubungkan mesin ke roda. Vanbelt terbuat dari karet dan dapat pecah sewaktu-waktu karena usia. Wanbelt memiliki umur antara 20.000 dan 25.000 km. Jika iya, cara terbaik merawat sepeda motor matic adalah dengan mengganti Vanbelt. Juga, ingatlah untuk memeriksa status gulungan yang merupakan bagian dari Vanbelt.

6. Penggunaan Bahan Bakar Yang Berkualitas

Cara merawat sepeda motor matic selanjutnya adalah dengan menggunakan bahan bakar yang berkualitas. Anda sebaiknya menggunakan bahan bakar dengan kadar oktan sesuai anjuran pabrikan. Semakin tinggi oktan atau rum dalam bahan bakar, semakin baik kualitasnya. Bahan bakar Pertalit atau Pertamax sudah cukup bagus untuk motor jenis 150cc tapi 150cc ke bawah. Untuk sepeda motor matik 250cc ke atas, sebaiknya gunakan Pertamax atau Pertamax Turbo.

7. Mengganti Oli Shockbreaker

Kenyamanan sebuah sepeda motor matic sangat bergantung pada Shockbreaker. Jika Shockbreaker tidak terawat, minyak di dalamnya akan mengering, sehingga Shockbreaker terasa keras dan kurang empuk. Oleh karena itu, sebaiknya ganti oli shock motor anda setiap 10.000 km agar posisi peredam kejut selalu terjaga. Anda juga bisa mengganti oli shock dengan kualitas yang berkwalitas, seperti merk Ohlins atau YSS.

Beberapa tips tambahan lainya agar motor matic anda tetap awet adalah dengan perawatan pada aki, hindari membawa beban berlebihan dan jangan lupa service rutin di bengkel. Demikianlah informasi otomotif dari tanyaberita.com mengenai Cara Merawat Motor Matic Injeksi Yamaha, Honda maupun Suzuki, semoga bermanfaat.