Cara Mengobati Radang Tenggorokan dengan Cepat Menggunakan Bahan Alami

5 Cara Mengobati Radang Tenggorokan dengan Cepat Menggunakan Bahan Alami

TANYABERITA.COM – Salah satu gangguan kesehatan yang sering dialami oleh masyarakat Indonesia bahkan dunia adalah terjadinya radang tenggorokan. Maka tidak mengherankan jika radang tenggorokan termasuk penyakit yang kedengarannya sepele, tetapi sering kali menyerang mulai dari bayi, anak-anak, remaja maupun orang dewasa, bahkan ibu hamil dan orang tua pun ada juga yang mengalaminya.

Tidak jarang penyakit ini dapat dengan mudah diobati dengan bahan-bahan rumahan. Nenek moyang kita bahkan punya cara mengobati radang tenggorokan dengan resep-resep herbal yang udah digunakan hingga ratusan tahun lamanya.

Penyebab Radang Tenggorokan

Radang tenggorokan biasanya merupakan istilah yang biasa digunakan orang awam untuk menyebut gejala sakit tenggorokan. Padahal tidak semua kasus sakit tenggorokan bisa disebut radang. Radang tenggorokan biasanya lebih disebabkan karena infeksi bakteri Streptococcus atau tonsillitis, yaitu inflamasi yang disebabkan oleh infeksi virus.

Sebagian besar kasus radang tenggorokan merupakan gejala awal flu dan bisa disembuhkan dengan bahan alami dalam waktu relatif singkat. Namun beberapa lagi menunjukkan gejala yang lebih serius dan perlu penanganan medis profesional.

Berikut ini kami tampilkan cara mengobati radang tenggorokan sebagai tips sehat alami yang TanyaBerita.com ranglum dari berbagai sumber, Kamis (25/02/2021).

Cara Alami Mengobati Radang Tenggorokan

Bagaimana cara mengobati radang tenggorokan dengan bahan alami? Di bawah ini kami tampilkan beberapa tips yang bisa Anda coba di rumah. Yakni cara mengatasi radang tenggorokan dengan menggunakan bahan-bahan alami, cepat, ampuh dan mudah digunakan.

1. Berkumur dengan Air Garam

Cara mengatasi radang tenggorokan secara alami adalah dengan memanfaatkan air garam. Kumur-kumur dengan air hangat yang dilarutkan dengan garam dapat membantu membunuh bakteri penyebab radang.

2. Konsumsi Bawang Putih Mentah

Kemudian cara selanjutnya dalam mengobati sakit radang tenggorokan yang mengganggu adalah dengan menggunakan bawang putih. Selain terkenal sebagai pelengkap bumbu masakan, bawang putih nyatanya merupakan antibiotik dan obat anti-inflamasi alami.

Jadi kunyahlah sebutir untuk mendapatkan khasiatnya dalam menyembuhkan radang tenggorokan.

3. Minum Teh Lemon Madu

Bahan alami yang ketiga untuk mengobati radang tenggorokan dengan mudah dan cepat adalah teh lemon dikombinasikan dengan madu. Teh lemon dengan beberapa sendok madu juga baik untuk membantu menyamankan tenggorokan.

Pasalnya, lemon dapat membantu memecah lendir dan air panas akan melemaskan otot tenggorokan. Sementara itu vitamin C dan madu akan meningkatkan kekebalan tubuh dalam melawan serangan bakteri dan virus penyebab radang.

4. Minum Susu Kunyit

Jika Anda kurang menyukai cara-cara sebelumnya, maka Anda juga bisa mencoba mengonsumi susu kunyit guna mengobati timbulnya radang tenggorokan. Susu hangat dengan sejumput kunyit bubuk merupakan obat tradisional untuk melawan infeksi dan penyakit yang diperparah dengan lemahnya kekebalan tubuh, termasuk radang tenggorokan. Itu karena kunyit memiliki kandungan anti-bakteri dan anti-inflamasi.

5. Minum Banyak Air Mineral

Selain mencoba cara-cara di atas, jangan lupa untuk mencukupi tubuh dengan air putih. Pasalnya, tubuh yang terhidrasi dengan baik merupakan syarat untuk melawan infeksi. Karena itu pastikan kebutuhan cairan selalu tercukupi dengan air mineral. Selain itu cairan juga menjaga agar selaput lendir senantiasa lembap agar iritasi tenggorokan dan batuk tidak bertambah parah.

Itulah beberapa cara alami yang bisa Anda lakukan untuk mengobati radang tenggorokan dengan mudah dan cepat. Namun jika radang tenggorokan yang Anda deerita tidak juga kunjung sembuh, maka kami sarankan agar Anda segera konsultasi dengan dokter.