Inilah Destinasi Wisata Pantai Jogja Gunungkidul Terbaru

7 Rekomendasi Pantai Gunung Kidul yang Instagramable Tahun 2021

TANYABERITA.COM – Berwisata di pantai saat ini memang sedang gemari, karena memang sangat cocok untuk dikunjungi bersama keluarga, sahabat, ataupun rekan kerja. Nah jika bicara tentang wisata jogja atau lebih tepatnya daerah gunungkidul, pasti tidak lepas dengan wisata pantai. Siapa sangka daerah ini merupakan salah satu tujuan favorit bagi para wisatawan lokal maupun mancanegara.

Akhir-akhir ini banyak spot pantai baru yang sedang ramai dikunjungi, karena memang pantai tersebut sangatlah hits dan instagramable. Ada banyak sekali pantai masih tersembunyi di daerah gunungkidul yang masih sepi, namun menawarkan panorama keindahan alam yang begitu memanjakan mata.

Pantai gunungkidul merupakan salah satu tempat wisata indonesia yang banyak menawarkan momen sunrice dan sunset tentunya sangat cocok untuk camping di pantai yang masih sepi namun tetap indah untuk dipandang. Kabupaten Gunung Kidul sendiri ada sekitar 60 pantai, Maka tak salah bila Yogyakarta sebagai surganya para beach-hopper.

Destinasi Wisata Pantai Jogja Gunungkidul

Anda mungkin tak akan punya cukup waktu untuk menghabiskan malam di salah satu pantai di daerah ini. Nah maka dari itu berikut rekomendasi pantai gunungkidul yang wajib kalian kunjungi.

1. Pantai Sadranan Gunungkidul

Pantai ini memiliki ciri khas pasir putih serta airnya yang biru. Pantai ini juga menawaran salah satu permainan air yakni snorkeling. Selain itu pengujung juga dapat menyewa kano yang sudah tersedia di gazebo di pinggir bibir pantai.

Pantai jogja satu ini juga menawaran salah satu keindahan alamnya yang sangat eksotis, tentunya akan membuat anda semakin bentah dan ingin berlama-lama di pantai ini. Sedangkan untuk jaraknya sendiri hanya membutuhkan waktu sekitar 2 jam perjalanan dari kota jogja.

2. Pantai Mesra Ngrawe Gunungkidul

Pantai ini terletak di jl. pantai kukup, ngepung, kemadang, kec. tanjungsari, kabupaten gunung kidul atau lebih tepat nya terletak di antara pantai kukup dan pantai mbuluk. Belakangan ini namanya semakin dikenal dikalayak ramai, terutama berkat kekuatan media sosial.

Pantai ini sedikit berbeda dengan pantai lainnya, karena memang pantai ini mengusung konsep taman. Pantai ini cocok bagi wisatawan yang ingin mencari suasana pantai yang berbeda dan tentunya pantai ini menjadi salah satu tempat wisata yang instagramable.

3. Pantai Pok Tunggal Gunungkidul

Kenapa namanya pantai pok tunggal, karena menurut warga sekitar nama itu diambil dari sebuah pohon yang terdapat disana. Pantai ini bisa dibilang baru mulai boming sejak tahun 2012. Pantai ini memiliki keunikan yaitu salah satu nya adalah terdapat sumber mata air tawar yang diketahui berasal dari aliran sungai bawah tanah.

Pantai pok tunggal jogja merupakan salah satu pantai tercantik namun masih jarang diketahui banyak orang. Pantai ini memiliki ciri khas pasir putih dan juga dikelilingi tebing-tebing karang yang menambah keindahan dan ke eksotisannya.

4. Pantai Siung Gunungkidul

Hampir sama dengan pantai pok tunggal, pantai siung juga dikelilingi tebing – tebing yang cukup tinggi sehingga menambah ke elokanya. Pantai ini juga menjadi salah satu menawaran lokasi untuk anda pecinta olahraga ekstrim yakni panjat tebing, yang mana lokasi tersebut telah diresmikan oleh pemerintah.

Namun sayangnya pantai ini tidak memiliki bibir pantai yang cukup luas seperti pantai sadranan atau pantai lainnya. Walaupun memiliki bibir pantai yang sempit pantai ini sangat di minati bagi wisata yang ingin camping, karena memang pantai ini masih cukup sepi dan masih terjaga kerbersihannya. Hampir sama dengan pantai pok tunggal, pantai siung juga dikelilingi tebing – tebing yang cukup tinggi sehingga menambah ke elokanya. Pantai ini juga menjadi salah satu menawaran lokasi untuk anda pecinta olahraga ekstream yakni panjat tebing.

5. Pantai Jogan Gunungkidul

Hampir sama dengan pantai pok tunggal dan pantai suing yang dihimpit tebing – tebing tinggi, nama ada yang membedakan dari pantai satu ini yakni ditengah – tengah tebing terdapat air terjun yang langsung turun ke bibir pantai.

Namun sayangnya air terjun tersebut hanya dapat dinikmati dikala musim penghujan saja, karena di musim kemarau debitnya akan berkurang. Pantai ini sangat cocok dinikmati kala senja datang melihat indahnya langit orange cirri khas sunset, serta menatap lepas ke Samudera Hindia, menyaksikan Poseidon melempar gulungan ombak yang seolah siap melahap, serta gemericik suara air terjun memekakkan telinga, pertanda derasnya air yang jatuh ke pelataran pantai.

6. Pantai Nglambor Gunungkidul

Pantai ini terletak diantara pantai jogan dan juga pantai suing. Sama dengan pantai sadranan, pantai nglambor jogja juga sangat cocok untuk bermain snorkeling. Pantai ini memiliki pasir pantai yang putih serta airnya yang sangat jernih, sehingga anda dapat menikmati destinasi dunia bawah lautnya.

Selain snorkling bagi anda yang tidak bisa berenang, anda dapat menikmati pantai ini dengan cara menyeberangi pulau menggunakan jembatan yang sudah disediakan oleh masyarakat setempat.

7. Pantai Nglimun Gunungkidul

Pantai ini dapat dinikmati dari atas tebing panorama alam dan lautan biru yang begitu luas membetang siap memanjakan mata. Pantai ini masih satu garis dengan pantai ngedan, anda hanya perlu berjalan kaki melewati jalan setapak sekitar 5 – 10 menit.

Pantai ini juga memiliki ciri khas batu karang yang unik dan indah.Karang tersebut terletak disebelah bawah tebing tempat gasebo semenanjung pantai nglimun. Kalo dillihat dengan seksama batu tersebut berbentuk hati atau love, karang tersebut dinamakan batu cinta pantai ngeden.

Nah itulah tadi rekomendasi pantai jogja yang wajib anda datangi bersama sanak family atau teman – teman anda semua. Pantai yang Tanyaberita.com berikan diatas merupakan pantai yang sedang hits akhir – akhir ini. Destinasi pantai diatas juga merupakan pantai yang masih jarang diketahui banyak orang dan serta masih terjaga kebersihannya. Tentunya sangat cocok untuk anda yang ini bercamping dipantai atau hanya sekedar bermain – main air saja.