Destinasi Wisata di Semarang

10 Destinasi Wisata di Semarang Terhits Yang Wajib Dikunjungi Tahun 2021

TANYABERITA.COM – Semarang merupakan salah satu daerah yang mempunyai segudang destinasi wisata. Bukan hanya sekedar wisata sejarahnya, kota semarang juga mempunyai wisata alam nya yang cukup menawa. Kota ini menjadi destinasi wisata yang bisa dikunjungi untuk mengisi hari libur.

Selain wisata sejarahnya, akhir-akhir ini semarang semakin dikenal dengan beberapa wisata barunya. Ibukota jawa tengah kini sudah tidak kalah dengan kota-kota wisata lainnya, kalian tidak perlu khawatir lagi jika berkunjung ke kota yang terkenal dengan Lawang Sewu nya.

Destinasi Wisata di Semarang

Sebagai kota terbesar di jawa tengah, semarang telah menjelma menjadi kota yang sering dikunjugi wisatawan luar daerah. Semarang kini menduduki peringkat atas yang sering dikunjungi oleh wisatawan. Alasan utamanya kota ini memiliki tempat wisata yang menarik dengan destinasi keindahannya.

1. Kota Lama

Destinasi wisata semarang yang satu ini mungkin sudah banyak yang tau karena memang sudah lama dikenal sebagai tempat wisata paling populer di kota lumpia ini. Dikawasan kota lama tempat-tempat yang wajib kalian kunjungi ialah gereja bleduk. Selain itu kalian juga dapat menikmati suasana bangunan klasik lainya di Kafe Spiegel.

Berkunjung ke kota semarang memang belom lengkap rasanya kalo belom mampir ke kota tua. Deretan bangunan tua bergaya eropa klasik sangat cocok untuk kalian yang suka dunia fotografi. Berkunjung ke kota tua pun tidak perlu khawatir membayar tiket, harga tiket masuk kota tua tidak dipungut biaya atau gratis. Namun untuk yang ingin menyewa sepeda atau skuter anda cukup mengelurkan uang sebesar Rp. 15.000 saja untuk 1 jam.

2. Dusun Semilir Eco Park

Wisata yang satu ini merupakan destinasi baru yang ada didaerah bawen. Dusun semilir memiliki arsitektur yang sangat unik karena mempunyai bentuk bangunan yang meyerupai stupa candi Borobudur. Pengujung yang datang kesini dapat menikmati bagunan depan dengan bentuk stupa, jembatan sengol dan juga terdapat resto sepoi-sepoi. Untuk harga tiket masuk dusun semilir eco park, kalian hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp. 5.000 saja. Dengan harga itu, kamu sudah bisa berfoto di spot-spot yang istagramable.

3. Candi Gedong Songo

Candi ini merupakan bangunan peninggalan budaya hindu yang terletak di desa candi, kecamatan bandungan, kabupaten semarang atau lebih tepatnya di lereng gunung ungaran. Selain wisata sejarah candi gendong songo juga merupakan wisata alam, dikomplek candi ini terdapat sembilan buah candi, Seperti nama nya Songo yang memilik arti Sembilan.

Dikomplek candi gendong songo terdapat juga wisata yang bernama Ayana, sangat cocok untuk kalian yang suka berselfie ria. Sementara itu untuk harga tiket masuk candi gedong songo hanya dibandrol Rp. 10.000 saja. Sedangkan untuk masuk ke Ayana anda akan dikenakan biaya lagi sebesar Rp. 20.000.

4. Masjid Agung Jawa Tengah

Selain alam dan sejarah semarang juga mempunyai destinasi wisata Syariah nya, salah satunya masjid agung jawa tengah. Masjid ini memiliki ciri khas payung elektrik yang berjumlah enam yang membuatnya mirip dengan masjid nabawi. Selain itu ada ciri khas lainnya yaitu memilik 25 pilar yang desainnya mirip dengan coloseum yang ada di roma.

Harga tiket masuk masjid agung jawa tengah gratis hanya saja membayar parkir. Namun jika kalian ingin masuk dan naik dimenara akan dikenakan biaya sebesar Rp. 7.500.

5. Lawang Sewu

Siapa yang belom tau dengan wisata yang satu ini, lawing sewu sendiri merupakan ikon wisata dari kota semarang. Maka tidak heran jika sudah banyak yang mengetahui destinasi wisata semarang ini. Lawang sewu merupakan gedung tua yang dulu pernah digunakan sebagai kantor pusat indische spoorweg maatscappij (NIS) atau biasa dikenal sebagai perusahaan jalur kereta.

Walaupun terkenal angker, gedung ini memilliki bentuk yang sangat unik ciri khasnya mempunyai banyak pintu, jendela, Arsitektur, diorama dan kaca mozaiknya. Untuk harga tiket masuk lawang sewu hanya sekitar Rp. 5.000 untuk anak-anak dan Rp. 10.000 untuk pengunjung dewasa.

6. Museum Kereta Api Ambarawa

Museum kereta ini duluannya merupakan lokasi stasiun ambarawa dan berubah fungsi menjadi museum. Di museum ini terdapat kereta tua jaman dulu yang sudah tidak digunakan lagi. Selain itu pengujung juga dapat merasakan pengalaman unik dengan cara menaiki lokomotif tua yang masih dioperasikan untuk kebutuhan wisata saja.

Tersedia dua rute jika kalian ingin menaikinya, yaitu rute ambarawa-bedono dan ambarawa-tuntang. Sementara itu untuk harga tiket museum kereta api ambarawa hanya sekitar Rp.5.000 untuk anak dan Rp.10.000. Sedangkan untuk menaiki lokomotif anda akan dikenakan biaya lagi sekitar Rp.40.000.

7. Klenteng Sam Poo Kong

Selain tadi ada wisata masjid agung, semarang juga terdapat wisata tempat beribadahan etnis tionghoa. Klenteng ini terletak di daerah simongan, bangunan ini jelas memilliki arsitektur khas tiongkok dengan warna merahnya. Harga tiket klenteng sam poo kong hanya sekitar Rp. 20.000 untuk anak-anak, sedangkan untuk orang dewasa agak sedikit lebih mahal yakni Rp. 35.000 saja.

8. Saloka

Destinasi wisata yang satu ini sangat cocok untuk rekreasi kelurga. Saloka merupakan wisata bermain yang memilik banyak sekali permainan, selain itu lokasinya yang sangat luar wisata ini dilengkapi wahana-wahana seru yang wajib kalian coba.

Wahana di Saloka Park dilengkapi dengan berbagai macam permainan mulai edukasi khusus anak anak, remaja hingga wahana yang memacu adrenalin. Untuk harga tiket masuk saloka sekitar Rp. 120.000 untuk hari biasa dan Rp.150.000 untuk weekend. Harga segitu kalian sudah dapat menikmati semua wahana yang ada di saloka tanpa tambahan biaya apapun.

9. Eling Bening

Destinasi wisata indonesia yang satu ini, kalian akan disuguhkan pemandangan luar biasanya indahnya. Selain menjual keindahanya, eling bening juga menyediakan fasilitas diantaranya kolam renang, restoran, tempat outbond, dan area untuk berkemah.

Harga tiket masuk eling bening hanya sekitar Rp. 20.000 untuk hari senin-jumat saja. Sedangkan untuk hari sabtu, minggu dan hari libur nasional akan dikenakan tiket sebesar Rp. 25.000 saja perorang.

10. Umbul Sidomukti

Berkunjung ke destinasi yang satu ini akan terasa sedikit sejuk, karena terletak dilereng gunung ungaran yang memiliki ketinggian sekitar 1.200mdpl. Kurang lebih sama dengan Eling Bening, Umbul Sidomukti dilengkapi fasilitas seperti kolam renang, restoran, tempat outbond, dan area untuk berkemah. Untuk harga tiket umbul sidomukti pun cukup terjangkau, karena hanya sekitar Rp. 10.000 saja.