Cara Mendeteksi Bau Mulut dengan Mudah yang Mungkin Saja Anda Mengalaminya

7 Cara Mendeteksi Bau Mulut dengan Mudah yang Mungkin Saja Anda Mengalaminya

TANYABERITA.COM – Bau mulut dapat menurunkan kepercayaan diri, terutama Bagi Anda yang memiliki keseharian berhubungan dengan banyak orang. Bau mulut sendiri dapat disebabkan karena berbagai faktor, antara lain: kurang menjaga kebersihan mulut, gigi berlubang, penyakit gusi bahkan karena pencernaan Anda tidak sehar seperti terlalu banyak mengonsumsi protein atau karbohidrat tanpa diimbangi dengan serat.

Cara Mengetahui Bau Mulut

Namun sayangnya, bau mulut ini sering tidak disadari oleh penderitanya. Kebanyakan orang mendeteksi bau mulut dengan cara mengatupkan tangan di mulut kemudian membuang nafas dan menciumnya. Cara ini sangat tidak efektif sehingga seringkali Anda tidak mendeteksi adanya bau mulut.

Berikut adalah beberapa cara mendeteksi bau mulut yang cukup efektif, TanyaBerita.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (06/03/2021) antara lain:

1. Membuang Napas ke Dalam Gelas Bersih

Ambil gelas bersih kemudian letakkan melingkupi mulut dan hiruplah isinya. Setelah itu, cobalah untuk buang nafas melalui mulut ke gelas tersebut. Jika sudahhiruplah kembali dengan menggunakan hidung.

Bau yang Anda rasakan adalah bau nafas Anda, dari situ Anda dapat menilai apakah Anda mengalami bau mulut atau tidak. Jika tidak ada gelas, Anda juga bisa melakukannya dengan menggunakan plastik bersih.

2. Menjilat Punggung Tangan & Cium Baunya

Jika memerlukan cara yang lebih cepat, Anda dapat deteksi bau mulut dengan cara menjilat bagian punggung tangan Anda, kemudian tungg 5 – 10 detik. Kemudian cium bekas jilatan tadi. Jika Anda mencium aroma tidak sedap berarti Anda memiliki gangguan bau mulut.

3. Menggosok Lidah Menggunakan Sendok

Ambil sendok dan gosokkan bagian belakang lidah Anda dengan sendok. Biarkan sendok mengering sebentar lalu cium baunya. Anda juga harus memeriksa kondisi permukaan sendok. Jika berbau dan jika ada perubahan warna atau tekstur, berarti Anda punya masalah bau mulut atau masalah mulut lainnya.

4. Meletakkan Jari Dekat Pangkal Lidah

Anda juga bisa mendeteksi bau mulut dengan cara memasukkan jari ke dalam mulut hingga menyentuh bagian belakang mulut Anda. Terkadang, akan teraba bentuk permukaan lidah yang seperti kumpulan batu dan ini bisa menjadi penyebab bau mulut tak sedap.

Untuk memastikan adanya bau mulut, keluarkan jari Anda dan tunggu sampai air liur mengering kemudian cium. Jika tercium aroma tidak sedap maka bisa dipastikan bau mulut Anda juga tidak sedap.

5. Menyeka Permukaan Lidah dengan Kain Kasa

Cara mendeteksi bau mulut berikutnya adalah dengan menyeka permukaan lidah Anda menggunakan kain kasa bersih. Setelah menyeka, lihatlah apakah pada permukaan kassa terjadi perubahan warna menjadi kekuningan. Jika iya hal itu menandakan produksi sulfida yang cukup tinggi pada mulut Anda dan enyebabkan bau mulut.

6. Menggunakan Alat Pembersih Lidah

Lidah yang sehat berwarna merah muda dan teksturnya bening. Untuk mendeteksi adanya bau mulut, Anda dapat menggunakan pembersih lidah. Jika setelah Anda Menggosok dari belakang ke depan terdapat endapan putih biasanya Anda memiliki masalah bau mulut.

Endapan tersebut berasala dari sisa makanan, sel kulit mati yan kemudian digunakan bakteri untuk berkembang biak. Jika sudah membersihkan lidah secara eratur namun lapisan putih masih Ada, sebaiknya Anda berkonsultasi ke dokter gigi.

7. Lakukan Tes Khusus di Dokter Gigi

Saat berkunjung ke dokter gigi, Anda bisa sekaligus melakukan halimeter atau organoleptik untuk mendeteksi apakah terdapat senyawa sulfur volatil berlebihan atau hal lain yang menyebabkan bau mulut.

Itulah berbagai cara yang bisa Anda lakukan untuk mendeteksi adanya bau mulut yang tidak sedap yang mungkin saja Anda mengalaminya.