Cara Mengobati Sariawan Secara Alami, Tidak Perih, Ampuh dan Cepat

5 Cara Mengobati Sariawan Secara Alami, Tidak Perih, Ampuh dan Cepat

TANYABERITA.COM – Hampir setiap orang pernah mengalami sariawan. Atau jangan-jangan saat ini Anda sedang menderita sariawan di mulut dan mencari cara mengobati sariawan yang ampuh tanpa rasa perih.

Tentu Anda sudah memahami bahwa sariawan itu sendiri merupakan gangguan kesehatan yang umunya terjadi di area mulut dan cukup menyakitkan. Adapun daerah mulut yang biasanya terserang sariawan adalah bibir, lidah, dalam pipi, permukaan gusi dan langit-langit mulut Anda.

Kondisi sariawan ini sering kali terjadi dalam bentuk luka di permukaan kulit di dalam rongga mulut gusi. Untuk ukurannya sendiri, sariawan bisa saja berukuran kecil hingga besar, serta biasanya berwarna keputihan atau kemerahan akibat meradang.

Meskipun terlihat sepele, sariawan nyatanya sangat mengganggu dan menjengkelkan. Pasalnya, Anda yang mengalami sariawan akan merasa kesulitan pada saat makan, mengunyah dan menelan makanan.

Bahkan, dalam beberapa kasus yang parah bisa saja penderitanya akan kesulitan dalam berbicara serta sering mengeluarkan liur yang berlebih. Maka tidak mengherankan jika peradangan saat sariawan ini bisa juga mengganggu penampilan, membuat penderitanya merasa kurang nyaman, serta dapat menurunkan rasa percaya diri saat harus berbaur dan berkomunikasi dengan orang banyak ataupun rekan kerja di kantor.

Agar hal semacam itu tidak berlarut-larut, Anda perlu mencarai cara yang ampuh untuk mengobati dan menyembuhkan sariawan.

Cara Alami Menyembuhkan Sariawan

Sebagaimana dirangkum tim redaksi TanyaBerita.com dari berbagai sumber terpercaya, Minggu (07/03/2021), berikut ini adalah beberapa tips dan cara untuk mengobati sariawan secara alami yang bisa Anda coba.

1. Madu

Cara menyembuhkan sariawan secara alami yang pertama adalah dengan menggunakan madu. Pasalnya, madu merupakan cara mengobati sariawan dengan cepat dan tidak perih. Madu memiliki sifat anti radang dan anti bakteri yang bisa membantu mengurangi rasa perih dan mempercepat proses pemulihan.

Selain itu, madu dapat mempertahankan kelembapan bibir. Cara menggunakan madu untuk mengobati sariawan sangatlah mudah, kalian cukup mengoleskannya pada bagian yang terdapat sariawan. Lakukan hal ini secara rutin agar sariawan cepat sembuh.

2. Lidah Buaya

Cara menyembuhkan sariawan di mulut secara alami yang kedua adalah dengan memanfaatkan khasiat dari lidah buaya. Di dalam lidah buaya terkandung zat anti bakteri yang ampuh menyingkirkan sariawan. Kandungan tersebut dapat menyejukkan kulit, penghilang nyeri, mengurangi peradangan dan mempercepat proses penyembuhan.

Adapun cara alami mengobati saruawan dengan lidah buaya adalah pertama-tama Anda siapkan daun lidah buaya asli. Cuci hingga bersih kemudian oleskan getah atau daging lidah buaya secukupnya langsung pada area luka sariawan. Biarkan hingga 20 menit, lalu berkumur dengan air hangat.

3. Susu

Cara menyembuhkan sariawan secara alami berikutnya adalah dengan mengonsumsi susu. Kalsium yang terkandung dalam susu dapat melawan bakteri yang menyebabkan luka. Kandungan lemaknya juga merupakan anti virus yang dapat mempercepat proses penyembuhan.

Maka tidak mengejutkan jika susu dapat digunakan sebagai cara mengobati sariawan dengan cepat dan tidak perih. Lebih dari itu, susu juga mengandung magnesium yang bisa menyembuhkan rasa sakit karena sariawan.

4. Plain Yoghurt

Selain susu, cara lain untuk menyembuhkan sariawan dengan bahan alami adalah dengan mengonsumsi yoghurt. Asupan yoghurt nyatanya dapat mencegah dan mempercepat penyembuhan sariawan.

Pasalnya, yoghurt dapat membantu dalam keseimbangan bakteri di mulut. Anda bisa mengonsumsinya secara rutin atau meneteskan yogurt di area luka.

5. Kunyit

Cara menyembuhkan sariawan secara alami yang terakhir adalah dengan menggunakan kunyit. Hal ini disebabkan karena di dalam akar pada kunyit terkandung zat aktif yang dikenal sebagai kurkumin. Di samping warna dan aromanya yang khas, nyatanya kunyit juga memiliki khasiat antiinflamasi dan antibiotik.

Adapun cara mengobati sariawan yang tidak perih dan efektif adalah dengan mengoleskan kunyit di area sariawan. Lakukan dengan hati-hati sebanyak 2-3 kali sehari agar hasilnya maksimal.

Itulah berbagai cara alami yang bisa Anda lakukan untuk mengobati sariawan dengan cepat dan tanpa rasa perih. Selain itu, jaga selalu kesehatan mulut dan gigi dengan cara memperhatikan kebersihannya setiap hari.