Harga Kemiri Per KG Terbaru

Daftar Harga Kemiri Per KG Terbaru Oktober 2021

TANYABERITA.COM – Berapa harga kemiri per kilo saat ini dipasaran dan apa saja manfaat dan kandungan yang terdapat pada kemiri. Kemiri atau dengan nama latin Aleurites moluccana, adalah tumbuhan yang bijinya dimanfaatkan sebagai sumber minyak dan rempah-rempah. Tumbuhan ini masih sekerabat dengan singkong dan termasuk dalam suku Euphorbiaceae. Harga kemiri 1 ons, utuh, bulat grosir murah paling diminati dipasar saat ini.

1 kemiri utuh bisa terdiri dari beberapa butir, dalam perdagangan antarnegara dikenal sebagai candleberry, Indian walnut, serta candlenut. Pohonnya disebut sebagai varnish tree atau kukui nut tree. Minyak yang diekstrak dari bijinya berguna dalam industri untuk digunakan sebagai bahan campuran cat. Di pasar kramat jari kemiri memang paling banyak dicari pembeli ataupun konsumen sebagai bahan makanan dalam memasak.

Kemiri juga menjadi salah satu komoditi ekspor keluar negeri seperti Malaysia, Thailand, Singapura dan negara asean lainya. Harga kemiri memang bisa naik turun, tergantung dari ketersediaan stok barang dari petani maupun pengepul. Kadang pula harga kemiri bisa anjlok akibat iklim yang buruk dan hasil tani kemiri menurun. Akibat iklim yang buruk berdampak pula pada harga kemiri di pasaran Indonesia.

Ada beberapa macam jenis kemiri yang dapat ditemukan di pasar saat ini, kemiri biji utuh biasanya bisa ditemukan pada petani langsung. Untuk harga per kilonya cukup murah apabila memang stok memang melimpah. Sedangkan untuk kemiri halus atau bubuk kualitas terbaik adalah salah satu hasil dari pengolahan pabrik, biasanya telah diproses dan menjadi kemasan.

Selain kemiri ada jenis bahan rempah-rempah yang mempunyai nilai jual tinggi seperti ketumbar, jahe, jinten, bawang merah, lengkuas, dan kunyit. Kemiri menjadi salah satu bumbu dapur yang terbilang laris di pasaran. Kemiri biasanya dijual dalam bentuk butiran atau biji siap olah per bungkus isi dua, isi satu ons, hingga 1 kg dengan harga yang bervariasi.

Manfaat Kemiri

Setidaknya ada 8 manfaat kemiri untuk kesehatan diantaranya bisa memperkuat imunitas tubuh, mencegah penyakit jantung, melancarkan pencernaan, memperkuat imunitas tubuh, mencegah penuaan, mencegah kerusakan kulit, mengatasi infeksi jamur dan mengatasi peradangan. Tidak diketahui dengan tepat asal-usulnya, tumbuhan ini menyebar luas mulai dari India dan Cina, melewati Asia Tenggara dan Nusantara, hingga Polinesia dan Selandia Baru. Di Indonesia, kemiri dikenal dengan banyak nama. Di antaranya, kembiri, gambiri, hambiri, kemili (Gayo), kemiling (Lampung), buah kareh (buah keras, Mink Nias) kaminting , Juga muncang , dèrèkan, pidekan, miri, kamèrè, komèrè, mèrè , kumbè, dan lain-lain.

Kacang kemiri kupas siap olah memiliki kandungan minyak nabati yang terbilang tinggi, yaitu sekitar 55% hingga 65%. Selain itu, dalam 100 gr biji kemiri, juga terdapat 19 gr protein, 63 gr lemak, 8 gr karbohidrat, 80 mg kalsium, 200 mg fosfor, 2 mg zat besi, 0,06 gr vitamin B, dan 7 gr air.

Penanaman kemiri modern kebanyakan hanya untuk memperoleh minyaknya. Dalam setiap penanaman, masing-masing pohon akan menghasilkan sekitar 30–80 kg kacang kemiri, dan sekitar 15 sampai 20% dari berat tersebut merupakan minyak yang didapat. Kebanyakan minyak yang dihasilkan digunakan secara lokal, tidak diperdagangkan secara internasional.

Minyaknya digunakan sebagai bahan tambahan dalam perawatan rambut (untuk menyuburkan rambut). Bijinya dapat digunakan sebagai pencahar. Di Jepang, kulit kayunya telah digunakan untuk tumor. Di Sumatera, bijinya dibakar dengan arang, lalu dioleskan di sekitar pusar untuk menyembuhkan diare. Di Jawa, kulit batangnya digunakan untuk mengobati diare atau disentri.

Kayu kemiri dapat digunakan untuk membuat furnitur, peralatan kecil, korek api, dan juga untuk pulp. Di Jakarta, dulu, kayu kemiri sering juga digunakan untuk membuat perabotan rumah tangga. Di Hawaii, kayu kemiri kadang-kadang digunakan untuk membuat sampan sederhana; atau paling-paling untuk kayu bakar yang bermutu rendah. Di Lombok, kayu kemiri juga diolah menjadi papan dan kerajinan tangan.

Harga Kemiri Per Kilo di Pasaran

Banyaknya permintaan pasar membuat kemiri banyak diburu oleh konsumen loyal. Harga jual kemiri utuh, kiloan maupun halus memang cukup tinggi, berdasarkan pantauan tim Tanyaberita.com saat ini, karena permintaan pasar yang terus meningkat. Di pasaran, kemiri utuh (bulat) bisa dijual dengan harga mulai Rp35.000 hingga Rp40.000 per kg. Ada juga yang menjual kemiri cacah atau pecah dua dengan harga mulai Rp24.000 hingga Rp25.000 per kg. Sementara itu, kemiri dalam kemasan plastik isi dua hingga 5 butir ditawarkan dengan harga mulai Rp500 hingga Rp2.500.

Perlu kami infokan jika harga kemiri tersebut tidak tentu dan bisa berubah sewaktu-waktu. Demikianlan harga kemiri per kilo utuh, bijian dan halus beserta manfaat dan khasiatnya, semoga bermanfaat.