Harga Pisang Lokal Impor Terbaru

Daftar Harga Pisang Lokal dan Impor Terbaru Oktober 2021

TANYABERITA.COM – Update informasi terkini berbagai harga pisang hijau, pisang ambon, pisang mas, pisang cavendish maupun pisang barang per sisir dipasaran saat ini. Pisang merupakan tumbuhan terna raksasa berdaun besar memanjang dari suku Musaceae. Beberapa jenisnya mampu menghasilkan buah konsumsi yang dinamakan sama. Buah pisang tersusun dalam tandan dengan kelompok-kelompok tersusun menjari yang disebut sisir. Harga pisang lokal dan pisang impor saat ini memang paling banyak diminati untuk masyarakat Indonesia.

Referensi harga pisang ini kami buat berdasarkan banyaknya permintaan pasar yang terus melejit. Bagi para penjual, gorsir buah, suplier tentu wajib update setiap harinya harga pisang per tundun dari para petani langsung. Hampir semua buah pisang memiliki kulit berwarna kuning ketika matang, meskipun ada beberapa yang berwarna jingga, merah, hijau, ungu, atau bahkan hampir hitam. Buah pisang sebagai bahan pangan merupakan sumber energi (karbohidrat) dan mineral, terutama kalium.

Tumbuhan ini menyukai iklim tropis panas dan lembap, terutama di dataran rendah. Di daerah dengan hujan merata sepanjang tahun, produksi pisang dapat berlangsung tanpa mengenal musim. Indonesia, Kepulauan Pasifik, negara-negara Amerika Tengah, dan Brasil dikenal sebagai negara utama pengekspor pisang. Masyarakat di negara-negara Afrika dan Amerika Latin dikenal sangat tinggi mengonsumsi pisang setiap tahunnya.

Jenis Pisang

Indonesia merupakan salah satu negara penghasil buah terbesar di dunia. Pisang sangat cocok ditanam di bumi tanah bumi pertiwi. Jenis-jenis pisang yang bisa hidup ini menjadi bukti bahwa pisang memang berjodoh di tanah negara ini.

1. Pisang Raja

Jenis pisang yang pertama adalah pisang Raja, buah pisang ini merupakan jenis pisang lokal yang memiliki rasa khas dan nilai jual tinggi. Karakteristik Pisang raja memiliki ukuran sedang, kulit buah tebal dan berwarna kuning menuju jingga saat sudah matang dengan sedikit corak kehitaman. Citarasa Pisang Raja sangat manis dan memiliki aroma yang harum. Pisang Raja juga dapat diolah menjadi Kue Bolu Pisang Raja, Kue Tradisional Nagasari, dan bahan utama makanan khas Makassar Es Pisang Ijo.

2. Pisang Cavendish

Pisang cavendish mempunyai nilai jual paling tinggi jika dibandingkan dengan lainya. Buahnya dengan ciri melengkung dan memiliki panjang sekitar 14-15cm. Kulit buahnya berwarna kuning mulus dan bersih saat sudah matang menjadikan banyak anggapan bahwa pisang ini merupakan produk impor dari luar negeri. Padahal Pisang Cavendish merupakan produk asli Indonesia, yang perkebunan terbesarnya berada di Lampung.

3. Pisang Susu

Pisang susu memupunyai bentuk melengkung tanpa siku. Pisang ini mempunyai ciri mungil, pisang susu ini daging buahnya putih, manis, dan terdapat sensasi creamy layaknya susu. Enak untuk dimakan secara langsung.

4. Pisang Ambon

Selanjutnya ada jenis pisang ambon. Pisang ini paling banyak dijumpai di pasar maupun supermarket dan memiliki harga yang murah. Pisang Ambon memiliki tekstur daging buah yang lembut dan pulen kuning pucat kemerahan. Identik dengan warna kuning segar dan beraroma harum. Buah ini bisa langsung dikonsumsi dan juga dapat diolah menjadi kue bolu pisang, keripik pisang, dan pancake pisang.

5. Pisang Kepok

Walaupun harga pisang bisa naik turun sewaktu-waktu, tetap saja pisang tetap saja menjadi menu andalan. Pisang ini identik dengan bentuk yang paling lebar dan ukurannya pendek pipih. Daging buahnya berwarna kuning menuju jingga, teksturnya lembut dan pulen ketika dimakan. pisang kepok memiliki dua jenis, yaitu kapok kuning dan kapok putih.

Kepok putih yang memiliki tekstur daging buah lebih keras dan rasanya sepat, sehingga digunakan untuk pakan burung. Sedangkan kepok kuning termasuk dalam pisang olahan, yaitu jenis pisang yang harus diolah sebelum dimakan. Cocok untuk diolah menjadi pisang goreng tepung, dikukus, atau dibakar. Kolak dan Keripik Pisang juga bisa menjadi pilihan kamu dalam mengolah pisang kepok.

6. Pisang Tanduk

Ciri pisang tanduk memiliki bentuk yang panjang melengkung seperti tanduk. Pisang ini merupakan pisang yang paling panjang diantara jenis pisang lainnya. Sama seperti pisang kepok, pisang tanduk juga masuk dalam jenis pisang olahan.

7. Pisang Nangka

Selanjutnya ada jenis pisang Nangka,buah ini dinamai pisang nangka, karena buah ini merupakan hasil persilangan antara tumbuhan pisang dan nangka, lho. Kulitnya berwarna hijau dan tebal, baik dalam kondisi mentah maupun matang. Sementara daging buahnya berwarna kuning kemerahan.

Pisang nangka memiliki aroma yang harum dan tajam layaknya aroma buah nangka. Kamu dapat mengolahnya menjadi keripik pisang dan kolak pisang.

8. Pisang Mas

Ukurannya kecil dan juga memiliki aroma yang khas. Pisang mas enak untuk disantap secara langsung. Kamu juga bisa mengolahnya menjadi bolu atau brownies pisang. Untuk harga pisang mas memang cukup stabil saat ini dipasaran.

9. Pisang Mas Kirana

Selanjutnya ada pisang mas kirana yang hampir mirip dengan pisang mas, namun ukurannya lebih besar. Pisang ini cocok dijadikan sebagai komoditas ekspor karena memiliki daya tahan yang cukup lama.

10. Pisang Barangan

Harga pisang di beberapa wilayang Indonesia memang berbeda-beda. Namun pisang Barangan yang banyak dibudidayakan di daerah Sumatera Utara, sehingga banyak yang menjulukinya pisang medan atau pisang medan barangan. Saat matang, kulit pisang ini berwarna kuning menuju merah. Pisang ini juga dikenal memiliki daging buah berwarna putih agak kekuningan.

11. Pisang Raja Uli

Ada pisang raja uli atau dikenal juga dengan pisang uli, salah satu jenis pisang yang populer dijadikan olahan manis. Karena daging buahnya manis dan cukup lembut. Daging pisang raja uli putih kekuningan dan cukup populer di Jawa.

12. Pisang Tongka Langit

Pisang ini populer di timur Indonesia tepatnya di Maluku, memiliki daging buah yang berkhasiat. Dipercaya oleh orang lokal mengonsumsi pisang tongka langit dapat menjadi obat mujarab untuk penyakit kuning.

13. Pisang Giant Cavendish

Sesuai namanya ini adalah jenis pisang cavendish dengan ukuran yang besar. Merupakan salah satu jenis pisang yang populer di Filipina, dan memiliki ukuran yang meidum hingga besar dengan panjang antara 15-22cm. Seperti pisang cavendish pada umumnya, pisang giant cavendish juga memiliki rasa yang manis, aroma yang harum, dan tekstur yang lembut.

14. Pisang Lampung

Ciri pisang lampung adalah menyerupai pisang mas, namun terlihat perbedaanya pad abagian ujung pisang. Pisang lampung memiliki ujung yang lancip, sedangkan pisang mas lebih tumpul. Pisang lampung adalah jenis pisang yang sering disajikan sebagai pencuci mulut karena ukurannya kecil dan rasanya yang manis legit.

Manfaat Pisang

Pisang memiliki beragam khasiat bagi kesehatan tubuh manusia. Ketahui beberapa manfaat pisang yang mampu diserap oleh tubuh karena mengandung sumber karbohidrat dan Vitamin A. Buah pisang kaya akan vitamin dan serat, pisang perlancar metabolisme, meningkatkan kekebalan tubuh. anda banyak beraktivitas dan suka berolahraga, melancarkan aliran oksigen ke otak, mengatasi anemia, menurunkan berat badan dan juga menyehatkan tulang.

Harga Pisang Lokal dan Impor Terbaru

Sebagai referensi, karena pisang bermacam-macam dan banyak jenis, lokasi dan kelangkaannya. Perbandingan harga pisang di lumajang, lampung, sumatra yang notabene adalah wilayah penghasil pisang, maka kita akan mendapatkan harga yang sangat murah mulai dari 5.000 rupiah saja per tandan.

Kebutuhan akan buah berbeda-beda setiap individunya, ada yang dikonsumsi sendiri, ada juga yang dijadikan olahan maupun untuk berbisnis. Sedangkan jika kita melihat harganya dari jenisnya, untuk pisang impor dapat ditemui dengan harga mulai dari 15.000 rupiah per tandan. Berikut daftar harga pisang berdasarkan jenisnya per sisir dan tanda.

  • Pisang Raja : Rp 15.000 per sisir
  • Pisang Ambon : Rp 40.000 per sisir
  • Pisang Kepok : Rp 30.000 per sisir
  • Pisang Susu : Rp 10.000 per sisir
  • Pisang Candi : Rp 15.000 per sisir
  • Pisang Agung : Rp 75.000 per sisir
  • Pisang Hijau : Rp 15.000 per sisir
  • Pisang Mas : Rp 17.000 per sisir
  • Pisang Cavendish : Rp 2.500 per 100gr
  • Pisang Barangan : Rp 29.000 per sisir
  • Rp Sunpride Pisang : Rp 1.500 per 100gr
  • Pisang Raja Bulu : Rp 2.000 per 100gr
  • Pisang Nangka : Rp 8.000 per sisir

Harga komoditas pisang yang kami sajikan diatas dapat berubah sewaktu-waktu tanpa ada konfirmasi terlebih dahulu. Semoga dengan update harga pisang lokal dan impor terbaru diatas dapat menjadi referensi untuk anda.