Harga Jahe per kg Terbaru

Harga Jahe per kg Terbaru Juli 2021 dan Manfaatnya

TANYABERITA,COM – Update harga jahe merah dan jahe emprit per kilo dipasaran, jahe merah sekarang sudah sangat mudah ditemukan dalam bentuk sachet. Jahe merah disebut juga dengan jahe sunti memang menjadi primadona rempah-rempah yang paling dicari untuk di ekpor ke luar negeri. Jahe (Zingiber officinale), adalah tanaman rimpang yang sangat populer sebagai rempah-rempah dan bahan obat.

Melihat jahe sangat banyak permintaan, tentu menjadi peluang bagi para petani atau masyarakat untuk membudidayakanya. Rimpangnya berbentuk jemari yang menggembung di ruas-ruas tengah. Rasa dominan pedas disebabkan senyawa keton bernama zingeron. Untuk mengembangbiakan jahe tidaklah sulit, ada beberapa cara dalam pengembangbiakanya. Salah satu cara budidaya Jahe paling mudah adalah dengan menggunakan polybag.

Jahe termasuk suku Zingiberaceae (temu-temuan). Nama ilmiah jahe diberikan oleh William Roxburgh dari kata Yunani zingiberi, dari Bahasa Sanskerta, singaberi. Jahe memang enak disedu dengan madu, susu, teh atau disingkat menjadi STMJ. Jahe merah sangat banyak manfaatnya bagi kesehatan. Bahkan jahe merah menurut beberap artikel kesehatan menyebutkan mampu meradakan gejala batuk dan sakit tenggorokan, mampu mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh. meringankan sakit kepala, mampu mengatasi rematik. cocok untuk dijadikan konsumsi rutin saat diet.

Menurut sejarah, Jahe diperkirakan berasal dari India. Namun, ada pula yang mempercayai jahe berasal dari Republik Rakyat Tiongkok Selatan. Dari India, jahe dibawa sebagai rempah perdagangan hingga Asia Tenggara, Tiongkok, Jepang, hingga Timur Tengah. Kemudian pada zaman kolonialisme, jahe yang bisa memberikan rasa hangat dan pedas pada makanan segera menjadi komoditas yang populer di Eropa.

Berbagai nama jahe yang ada di Indonesia seperti di Sumatra disebut halia (Aceh), beuing (Gayo), bahing (Karo), pege (Toba), sipode (Mandailing), lahia (Nias), sipodeh (Minangkabau), page (Lubu), dan jahi (Lampung). Di Jawa, jahe dikenal dengan jahe (Sunda), jae (Jawa), jhai (Madura), dan jae (Kangean). Di Sulawesi, jahe dikenal dengan nama layu (Mongondow), moyuman (Poros), melito (Gorontalo), yuyo (Buol), siwei (Baree), laia (Makassar), dan pace (Bugis). Di Nusa Tenggara, disebut jae (Bali), reja (Bima), alia (Sumba), dan lea (Flores).

Baca Juga:  Link Daftar BLT UMKM Online 2021, Cair Rp 2,4 juta

Harga jahe di kramat jati, Di Kalimantan (Dayak), jahe dikenal dengan sebutan lai, di Banjarmasin disebut tipakan. Di Maluku, jahe disebut hairalo (Amahai), pusu, seeia, sehi (Ambon), sehi (Hila), sehil (Nusalaut), siwew (Buns), garaka (Ternate), gora (Tidore), dan laian (Aru). Di Papua, jahe disebut tali (Kalanapat) dan marman (Kapaur). Adanya nama daerah jahe di berbagai wilayah di Indonesia menunjukkan penyebaran jahe meliputi seluruh wilayah Indonesia.

Manfaat Jahe Merah

Jahe merah ternyata mengandung senyawa penting seperti shogaol, gingerol, zingeron, dan masih banyak lagi. Jahe merah mampu menyembuhkan berbagai penyakit karena zat aktifnya, tidak bisa dipungkiri jika manfaat jahe merah dan madu menjadi ramuan yang sangat digemari.

1. Mengatasi Rematik

Manfaat jahe dicampur madu mampu mengatasi rematik. Cara mengolah jahe, rebus rimpang jahe merah bersama temulawak, cabe jawa, kumis kucing dan daun komfrey hingga mendidih. Minum dua kali sehari, air rebusan diaduk bersama madu dengan takaran sesuai selera.

Baca Juga:  Daftar Harga Buah per KG Terbaru Juli 2021

2. Mengobati Mual

Manfaat jahe merah kedua untuk mengobati berbagai jenis mual perut. Dengan menyedunya dalam keadaan hangat ternyata mampu meredakan mual dan muntah setelah operasi, serta pasien kanker yang menjalani kemoterapi..

3. Sebagai Antioksidan

Manfaat jahe merah dan madu untuk kesehatan berikutnya karena memiliki senyawa antioksidan alami. Diketahui bahwa antioksidan bermanfaat baik dalam melindungi sel-sel tubuh, dari kerusakan akibat radikal bebas. Dan penangkal penyakit kardiovaskular, rheumatoid arthritis, penuaan dini, rambut rontok, katarak dan kanker.

4. Mengatasi Nyeri Haid

Manfaat jahe merah dan madu untuk kesehatan selanjutnya mampu mengatasi nyeri haid. Baik menjelang menstruasi, hingga selesai masa, acap kali para wanita mengeluhkan nyeri di sekitar abdomen atau bagian bawah perut.

5. Meningkatkan Kesuburan Pria

Nah ini yang ditunggu bagi kaum adam, ternyata manfaat luar biasa yang diperoleh dari kombinasi jahe merah dan madu yakni meningkatkan kesuburan pria. Berkaitan dengan kandungan minyak atsiri, yang memiliki efek afrodisiak. Sehingga berbagai keluhan bagian reproduksi pria dapat diatasi secara alami.

Berbagai manfaat mengkonsumsi jahe yang lainya yaitu mengurangi nyeri, mencegah radang usus dan jaga kesehatan pencernaan, mengurangi berat badan untuk program diet, mengatasi osteoartritis ternyata juga bisa menghilangkan jerawat dengan cara parut halus jahe merah secukupnya dan campurkan dengan madu. Oleskan tipis pada bagian tubuh. Tunggu sebentar, lalu bilas hingga bersih.

Harga Jahe Terbaru

Bisa kita ketahui jika harga jahe biasa dan jahe merah masing-masing terpantau meroket sangat permintaan dipasar meningkat hingga mencapai Rp 80 ribu dan Rp 90 ribu dari kondisi normal yang hanya Rp 30 ribu dan Rp 35 ribu per kilogram.

Baca Juga:  Harga Ayam Arab Terbaru, Sejarah, Keistimewaan dan Cara Perawatanya

Prediksi pasar yang cenderung tidak bisa di tebak membuat harga jahe naik maupun stabil. Untuk itu anda perlu mengetahui kisaran harga jahe sebagai berikut,

a. Harga Jahe Merah

Jahe merah memiliki khasiat yang dibilang lebih dibanding jenis jahe lainnya. Aromanya terbilang sangat kuat dan banyak menjadi primadona dalam kelas rempah-rempah, tak heran jika harga jahe ini cukup mahal. Menyenangkan apabila bisa bertani jahe merah dengan polyback di depan rumah. Untuk kisaran harga jahe merah dipasaran harga per kg masih terbilang stabil antara Rp. 38.000 sampai Rp.55.000. Tentu akan senang apabila tanaman jahe merah kita tumuh subur. Perbedaan harga ini bisa dipastikan ada karena jenis varietas dan kualitasnya. Selain itu juga dipengaruhi daerah masing-masing juga.

b. Harga Jahe Emprit

Berbeda lagi dengan harga Jahe emprit menjadi salah satu andalam masyarakat lokal yang banyak dijual dipasaran. Harga jual emprit terbilang stabil dan sedang, walaupun permintaan terbilang meningkat atau banyak. Harga jahe emprit per kilo berkisar Rp.20.000 sampai Rp.28.000 per kg.

c. Harga Jahe Gajah

Potensi jahe yang menguntungkan dan menggiurkan tentu membuat kita untuk siap-siap berjati tanaman yang mudah hidup baik di tanah langsung maupun bisa di polyback. Jenis jahe selanjutnya yang memiliki potensi pasar yang bagus adalah jahe gajah. Jahe yang berukuran besar dan dijuluki gajah ini memang memiliki dua kualitas yaitu kualitas lokal dan import. Untuk harga jahe gajah jatuh pada kisaran harga jahe gajah antara Rp.20.000 sampai Rp.26.000 per kg.