Manfaat Latihan Peregangan yang Harus Anda Ketahui

Tubuhnya fleksibel. Ini dimaksudkan agar fleksibel. Anda harus bisa berjongkok dan meraih benda yang Anda jatuhkan di tanah. Anda harus bisa menekan bagian belakang gaun favorit Anda sendiri. Anda harus bisa mengakses buku yang ingin Anda baca di rak paling atas.

Ini adalah aktivitas sederhana. Tidak ada yang hebat tentang mereka, saya hanya meregangkan tubuh sedikit. Namun, jika ada kesulitan dalam melakukan gerakan sederhana seperti itu, maka Anda harus memperluas batasan Anda. Anda sangat membutuhkan program peregangan.

Apa itu dilatasi?

Peregangan hanyalah proses memanjangkan tubuh menjadi panjang penuh atau hanya sebagian saja. Kegiatan ini termasuk meluruskan atau mengencangkan bingkai atau anggota badan.

Bagaimana peregangan dilakukan?

Peregangannya cukup mudah. Seperti yang disebutkan dalam pendahuluan, dia terlibat dalam aktivitas normal. Itu bisa dilakukan oleh siapa saja, berapapun usianya.

Namun, tingkat ekstensi dan fleksi bervariasi. Otot menegang seiring bertambahnya usia. Rentang gerakan sendi bisa dikurangi. Ini dapat mengganggu gaya hidup saat bepergian. Itulah sebabnya seiring bertambahnya usia, lengkungan atau tekukan menjadi lebih terbatas. Inilah mengapa melakukan peregangan secara teratur, sebagai bagian dari rutinitas sangatlah penting.

Latihan sederhana bisa dilakukan setiap hari. Itu dapat dimasukkan ke dalam gaya hidup dan aktivitas sehari-hari. Itu tidak membutuhkan banyak waktu Anda.

Anda juga bisa melakukan peregangan saat berlatih. Faktanya, peregangan adalah bagian penting dari latihan atau olahraga apa pun. Ini harus dilakukan terlebih dahulu sebelum hal lain. Pengencangan tubuh dan tungkai adalah persiapan yang baik untuk aktivitas yang lebih berat.

Kebanyakan atlet duduk dan menggapai, di mana mereka diletakkan di lantai, kaki terentang dan ujung kaki mereka terentang dengan ujung tangan. Nyatanya, kebanyakan pelatih justru meminta atletnya melakukan peregangan sebelum bermain.

Padahal, ada waktu ideal untuk melakukan peregangan. Cara terbaik adalah melakukannya dalam 10 menit. Ini akan memberi tubuh banyak kesempatan untuk bergerak dan menekuk otot, sehingga mempersiapkan mereka untuk gerakan yang lebih kompleks dan intens.

Namun, para ahli tidak akan senang dengan waktu yang lebih dari 10 menit. Memperpanjang latihan selama 30 menit atau lebih justru akan melelahkan tubuh. Ini tidak akan sesuai jika seseorang sedang mempersiapkan pertandingan.

Apa manfaat senam peregangan?

1. Tingkatkan rentang gerak
Sama seperti seseorang yang melakukan latihan peregangan secara terus menerus, panjang otot dan tendon juga meningkat. Ini akan membantu meningkatkan rentang gerak Anda. Dengan demikian, anggota tubuh dan persendian akan dapat bergerak, sebelum cedera terjadi. Anda pasti bugar.

2. Meningkatkan kemampuan untuk melakukan keterampilan
Saat Anda memiliki jangkauan gerak yang luas, Anda akan dapat melakukan lebih banyak hal. Misalnya, Anda bisa melompat tinggi tanpa merasakan sakit saat mendarat di tanah. Ini juga akan membantu Anda memulai olahraga baru atau meningkatkannya lebih jauh jika Anda benar-benar berlatih. Meregangkan aspek ini juga memungkinkan Anda memiliki gaya hidup yang lebih aktif.

3. Mencegah cedera
Seseorang dapat mencegah cedera pada persendian, tendon, dan otot dengan peregangan. Ketika otot dan tendon ditekuk dengan baik, mereka dianggap berfungsi dengan baik. Ini akan membantu Anda pulih lebih cepat dan mengurangi rasa sakit. Otot tubuh akan mampu melakukan gerakan yang lebih berat dan keras dengan potensi cedera yang lebih kecil.

4. Mengurangi ketegangan otot
Jika Anda melatih otot secara teratur dan mengencangkannya, kecil kemungkinannya untuk berkontraksi. Ini pasti akan meredakan nyeri atau masalah otot.

5. Meningkatkan energi
Mampu bergerak lebih banyak juga akan memberi Anda lebih banyak energi. Latihan peregangan juga membantu meningkatkan kesadaran Anda, misalnya mengetahui bahwa Anda memiliki tubuh yang dapat melakukan banyak hal. Dengan demikian, Anda akan lebih termotivasi untuk bergerak daripada terpojok.

6. Mengurangi kolesterol
Riset juga menunjukkan bahwa peregangan yang berkepanjangan, seperti yoga, akan membantu menurunkan kolesterol dalam tubuh. Ini tentu saja harus dilakukan dengan pola makan yang sehat. Ini dapat mencegah dan bahkan membalikkan aterosklerosis, memungkinkan Anda untuk menghindari penyakit arteri koroner.

Gabungkan latihan peregangan ke dalam gaya hidup harian Anda. Ini memiliki manfaat yang tidak bisa Anda katakan tidak. Itu juga tidak membutuhkan banyak. Aktivitas Anda yang biasa kadang-kadang bisa membungkuk dan melenturkan. Bagaimanapun, kebugaran adalah segalanya, jadi lakukan apa yang diperlukan untuk menjaga tubuh Anda tetap sehat.