Cara Mengatasi Bau Mulut Secara Alami, Mudah dan Cepat yang Bisa Dicoba

7 Cara Mengatasi Bau Mulut Secara Alami, Mudah dan Cepat yang Bisa Dicoba

TANYABERITA.COM – Bau mulut yang tidak sedap umumnya akan membuat Anda merasa malu, mengurangi rasa percaya diri serta minder, terutama pada saat sedang berbicara dengan orang lain. Bahkan bisa-bisa orang lain merasa tidak nyaman dan akan menghindari Anda karena tidak tahan dengan mulut yang berbau tidak sedap.

Tips Hilangkan Bau Mulut Secara Alami

Sejatinya, ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan bau mulut, di antaranya adalah tips sehat alami. Bahkan juga akan turut menjaga agar mulut dan gigi serta gusi Anda senantiasa sehat. Di bawah ini adalah beberapa tips bagaimana cara alami untuk mengatasi masalah bau mulut.

1. Rajin Menyikat Gigi & Bersihkan Gigi dengan Benang (Floss)

Tahukah Anda, bahwa plak yang menumpuk dan lengket pada gigi Anda, akan memicu munculnya bakteri penyebab bau mulut. Makanan yang tertinggal dan terselip di antara gigi juga menambah masalah.

Maka dari itu, gosoklah gigi Anda minimal dua kali setiap hari, dan jika perlu bersihkan dengan benang (dental floss) setidaknya satu kali sehari. Jika Anda khawatir dengan bau mulut Anda, lakukanlah kedua perawatan di atas lebih sering. Namun, jangan melakukannya terlalu berlebihan. Jika berlebihan, justru akan membuat gigi cepat rusak dan rentan terhadap pembusukan.

2. Bersihkan Lidah dengan Seksama

Lapisan yang umumnya terbentuk pada lidah Anda bisa menjadi tempat tinggal bagi bakteri penyebab bau mulut. Untuk menghilangkan bau mulut dengan cepat, bersihkanlah lidah Anda dengan sikat gigi secara hati-hati dan perlahan.

Apabila sikat gigi Anda terlalu besar untuk menyentuh lidah Anda dengan nyaman, Anda bisa mencoba menggunakan pengikis. Alat tersebut sejatinya memang dirancang khusus untuk membersihkan permukaan lidah, sehingga akan mampu menghilangkan bakteri, sisa-sisa makanan, dan sel-sel mati secara optimal.

3. Bersihkan Mulut dengan Obat Kumur

Anda tahu mouthwash alias obat kumur? Hmm…, Selain berfungsi untuk menyegarkan napas dan menghilangkan bau mulut, obat kumur juga bisa memberikan perlindungan ekstra dengan cara membasmi bakteri dalam mulut. Rasa mint yang segar bisa membuat Anda merasa nyaman. Tapi pastikan dulu, bahwa obat kumur yang Anda pilih bisa membunuh kuman penyebab bau mulut. Bukan hanya menyamarkan baunya saja. Cuci mulut Anda setiap hari dengan obat kumur yang baik dan hilangkan bau mulut tepat pada sumbernya.

Anda juga bisa menghilangkan bau mulut secara alami dengan cara berkumur menggunakan air putih biasa setelah Anda selesai makan. Cara ini bisa menyingkirkan partikel makanan yang masih menempel atau tersangkut di gigi Anda.

4. Hindari Konsumsi Makanan Penyebab Bau Mulut

Bawang dan bawang putih adalah penyebab bau mulut terbesar. Bahkan menyikat gigi setelah Anda memakannya tidak akan membantu menghilangkan bau mulut tak sedap yang diakibatkannya. Zat penyebab bau mulut pada bawang akan masuk ke dalam aliran darah Anda dan menuju ke paru-paru Anda, di mana akan Anda menghirupnya.

Apakah cara yang terbaik untuk menghilangkan bau mulut setelah makan jengkol, bawang putih, dn lainnya? Jangan memakannya, atau paling tidak menghindari untuk mengkonsumsinya sebelum Anda pergi bekerja atau hendak berinteraksi dengan orang lain.

5. Stop Kebiasaan Merokok

Selain bisa menyebabkan kanker, penyakit jantung dan gangguan kesehatan lainnya, kebiasaan merokok juga bisa merusak gusi Anda, mengotori gigi, dan menyebabkan munculnya masalah bau mulut tidak sedap.

6. Kunyah Permen Karet

Anda harus tahu bhawa bakteri di mulut Anda menyukai gula. Gula akan menyebabkan keasaman pada mulut. Sehingga hal ini akan membuat gigi Anda jadi rusak dan menyebabkan bau mulut. Kunyahlah permen karet tanpa gula untuk menghilang bau mulut.

Gum (permen karet) merangsang keluarnya air liur dalam mulut, yang merupakan mekanisme pertahanan alami mulut untuk melawan asam plak, yang menyebabkan kerusakan pada gigi dan penyebab bau mulut.

7. Menjaga Kesehatan Gusi

Penyakit pada gusi akan menyebabkan bau mulut yang tidak sedap. Bakteri berkumpul di dasar gigi, yang menciptakan bau tidak sedap. Jika Anda menderita penyakit gusi, dokter gigi Anda mungkin akan menyarankan Anda untuk berobat pada seorang periodontis, yang ahli di bidang perawatan gusi..

Itulah berbagai cara yang alami yang bisa Anda tempuh untuk menghilangkan bau mulut. Namun apabila masalah bau mulut Anda tidak juga hilang, maka sebaiknya Anda segera berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan diagnosis dan penanganan yang tepat dari ahlinya.