5 Tips Menghilangkan Flek Hitam di Wajah secara Alami dengan Mudah

TANYABERITA.COM – Flek hitam di area wajah merupakan masalah kulit yang sering muncul terutama pada wanita. Masalah flek hitam ini umumnya berbentuk bercak berwarna coklat kehitaman di sekitar hidung, dan pipi terutama bagian bawah mata.

Faktor Penyebab Flek Hitam

Flek hitam di pipi cukup sulit dihilangkan sehingga sering membuat turunnya rasa percaya diri. Flek hitam muncul akibat hiperpygmentasi kulit yaitu menumpukan melanin (pigmen warna kulit) pada tempat tertentu. hyperpygmentasi dapat terjadi karena dipicu beberapa faktor di bawah ini:

Paparan Sinar Matahari

Penyebab utama flek hitam yang umum terjadi adalah dikarenakan paparan sinar matahari yang berlebihan. Sinar ultraviolet yang langsung mengenai wajah akan memicu kulit memproduksi lebih banyak melanin dan kemudian memicu terjadinya hyperpygmentasi yang menjadi flek hitam. Penggunaan sun screen adalah hal yang wajib bagi Anda yang sering beraktifitas dibawah matahari. Karena tidak hanya flek hitam, paparan sinar UV berlebihan secara terus menerus juga bisa menyebabkan terjadinya kanker kulit.

1. Faktor Hormonal

Penyebab yang kedua adalah faktor hormonal. Flek hitam hormonal biasanya menyerang wanita yang menggunakan alat kontrasepsi hormonal tinggi estrogen. Hormon estrogen mempengaruhi pembentukan enzim tirosinase, yaitu enzim yang mengatur frekuensi dan jumlah melanin yang akan dikeluarkan, dan muncul ke permukaan epidermis kulit.

2. Bekas Jerawat

Penyebab berikutnya adalah bekas jerawat. Bekas jerawat biasanya membutuhkan waktu lama untuk pulih, bekas jerawat yang menumpuk dan tidak diatasi lama kelamaan akan menjadi flek hitam.

3. Faktor Genetik

Faktor Genetik juga bisa menyebabkan flek hitam. Biasanya flek hitam karena genetik ini dibawa oleh ras kaukasian, karena memiliki melanin lebih sedikit dan sensitif terhadap matahari, perubahan hormon bahkan alersgi. Sehingga hyperpygmentasi lebih sering muncul dan terjadi.

Cara Alami Hilangkan Flek Hitam

Banyak klinik kecantikan dan krim yang menawarkan dapat menghilangkan flek hitam dengan baik. Namun, sebelum mencoba cara kimia, ada baiknya Anda mencoba menghilangkan flek hitam di pipi dan wajah dengan tips cantik alami, yakni menggunakan bahan alami yang ada di rumah, antara lain:

1. Lidah Buaya

Lidah buaya sudah terkenal memiliki banyak khasiat untuk kecantikan, salah satunya adalah untuk memudarkan flek hitam. Caranya yaitu kupas lidah buaya, haluskan bagian gelnya kemudian oleskan pada bagian flek hitam dengan memakai jari sambil dipijat. Diamkan selama 15 menit, dan bilas dengan air hangat. Gunakan setiap sore beberapa minggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

2. Kulit Pepaya

Pepaya memiliki banyak kandungan aktif yang baik untuk kulit. Cara penggunaannya cukup mudah yaitu kupas pepaya agak tebal kemudian cuci bersih kulit pepaya bagian dalam untuk menghilangkan getah, dan oleskan pada bagian flek hitam di pipi. Diamkan beberapa beberapa menit sampai kering, kemudian bilas dengan air hangat. lakukan secara rutin 2 – 3 kali seminggu.

3. Kunyit

Kunyit juga memiliki khasiat luar biasa utuk kulit, kunyit dapat meredakan jerawat dan juga menyamarkan bekas jerawat dan flek hitam. Hal ini disebabkan kulit memiliki zat anti inflamasi dan anti pigmentasi. Menghilangkan flek hitam dan bekas jerawat dengan kunyit dengan cara haluskan kunyit hingga menghasilkan 2 sendok pasta kunyit kemudian tambahkan susu dan lemon kemudian aplikasikan sebagai masker. Biarkan hingga kering sebelum dibilas hingga bersih dengan air hangat. Lakukan 2 – 3 kali seminggu.

4. Masker Oatmeal

Oatmeal juga dapat digunakan untuk menyamarkan flek hitam dan menghilangkan kulit mati karena dapat digunakan untuk mengeksfoliasi kulit. Caranya haluskan oatmeal seckupnya kemuadian tambahkan yogurt dan madu dan aplikasikan sebagai masker. Diamkan sekitar 15 menit atau setengah kering. Kemudian gosok sambil pijat perlahan untuk eksfoliasi dan bilas hingga bersih. Lakukan secara rutin untuk hasil maksimal.

5. Aplikasikan Masker Kentang

Selain mengenyangkan, kentang juga memiliki banyak khasiat untuk kulit seperti mengangkat sel kulit mati, melembabkan kulit, mencerahkan kulit dan menyamarkan flek hitam. Caranya sangat mudah. Cukup haluskan kentang kemudian ratakan pada wajah sebagai masker. Diamkan beberapa menit kemudian bilas dengan air hangat.