Harga Ikan Marlin per Kg Terbaru Mei 2024 dan Manfaatnya

Update daftar harga ikan marlin per kilo dipasaran bulan ini. Setelah sebelumnya membahas mengenai harga bibit ikan gabus, laman tanyaberita.com akan memberikan informasi terkini harga ikan merlin di pasar Indonesia.

Apa manfaat makan ikan merlin? Ikan marlin dikenal sebagai ikan laut lepas dan memiliki mulut yang panjang sehingga membuat ikan ini terlihat panjang dan besar. Mempunyai sayap lebar, seperti layar atau kipas yang berfungsi untuk menstabilkan saat Anda berenang di laut lepas.

Sebagai informasi, ikan marlin merupakan salah satu ikan yang hidup di kedalaman laut dan merupakan predator pemakan daging. Marlin terbesar yang keluar dari surat kabar berukuran sekitar 14,5 kaki atau 4,5 meter dengan berat 540 kilogram. Ikan Marlin mudah ditemukan di Samudera Pasifik, Samudera Atlantik, dan Samudera Hindia. Di Indonesia, merlin adalah produk ikan terbaik, dan seringkali ikan merlin biru dan filler diekspor ke berbagai negara di Eropa dan Asia.

Ikan Marlin adalah ikan tropis, bentuk ikan merlin yang paling populer adalah Blue Marlin, yang hidup terutama di Samudra Atlantik. Harga Bibit Ikan Gabus per Ekor Terbaru

Manfaat Ikan Marlin

Sekarang akan kami hadirkan segudang manfaat data mengenai informasi gizi Ikan Marlin Putih. Dikutip Jumat, 19 Februari 2021 dari website manfaat.co.id, mengenai berbagai manfaat ikan merlin diantaranya.

1. Mengandung vitamin A

Vitamin A diketahui sangat baik untuk kemampuan penglihatan manusia sehingga manfaat ikan marlin bagi mata sangat baik. Dengan mengonsumsi ikan marlin maka kita juga akan mendapatkan manfaat kandungan vitamin A bagi penglihatan yang baik dan kondisi mata yang sehat. Vitamin A terutama bisa didapatkan dari minyak hati ikan yang dikonsumsi secara teratur.

2. Mengandung vitamin D

Vitamin D sangat penting untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi manusia, karena itu mengonsumsi ikan marlin juga akan memberikan pengaruh positif terhadap kondisi tubuh kita. daging ikan marlin bisa memenuhi kebutuhan kalsium, fosfor dan vitamin D sekaligus untuk tubuh manusia.

3. Mengandung kalsium

Setiap orang memiliki kebutuhan kalsium yang berbeda, misalnya pada anak di masa pertumbuhan, ibu hamil, dan ibu menyusui yang tidak sama. Kekurangan kalsium terutama pada tiga kondisi tersebut dapat menyebabkan tulang menjadi mudah keropos, rapuh , pembentukan tulang tidak sempurna dan kerap mengalami kekejangan otot. Kalsium dari daging ikan marlin juga berfungsi sebagai pembakar lemak sehingga baik untuk diet tinggi kalsium yang dapat mengoptimalkan pengeluaran lemak dan menekan nafsu makan.

4. Mengandung omega 3

Manfaat ikan marlin berasal dari asam lemak omega 3 yang terkandung di dalamnya. Asam lemak omega 3 bisa membantu meningkatkan pertumbuhan sel otak janin, bayi dan balita, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan menghindarkan serangan penyakit. Anda yang berusia produktif sudah tentu memerlukan asupan asam lemak ini untuk membantu mencegah berbagai penyakit degeneratif, juga untuk menjaga kesehatan dan pertumbuhan tubuh sendiri. Manfaat mengonsumsi asam lemak omega 3 juga dapat mencegah serangan jantung karena tekanan darah yang tidak stabil pada orang yang senang mengonsumsi makanan berlemak tinggi.

5. Mencegah kejang – kejang

Ikan marlin mengandung fosfor yang cukup dan tidak berlebihan sehingga manfaat ikan marlin dapat mencegah kejang – kejang. Mengonsumsi makanan yang kandungan fosfornya berlebihan akan mengakibatkan kalsium terikat oleh ion fosfat, sehingga kadar fosfor di dalam darah terlalu tinggi maka akan menyebabkan kejang.

6. Mengandung vitamin B kompleks

Kandungan vitamin B kompleks memberikan manfaat ikan marlin dari segi kesehatan rambut. Kandungan tersebut akan membuat rambut tidak mudah kusam dan rontok sehingga kondisi kulit kepala pun berada dalam keadaan yang sehat. Ikan tidak hanya mengandung manfaat kesehatan. Ada pula manfaat ikan hias seperti manfaat ikan corydoras, manfaat ikan red devil dan manfaat ikan koi.

7. Mengontrol aliran darah

Tidak hanya daging ikan marlin yang memiliki manfaat bagi kesehatan, namun bagian tubuh lainnya seperti kepala dan mata ikan marlin mengandung banyak khasiat lainnya. Terutama dalam bagian kepala dan mata ikan marlin biru yang mengandung polisakarida yang dapat bermanfaat untuk mengontrol aliran darah sehingga terhindar dari masalah penyumbatan.

8. Mengandung zat besi

Kandungan zat besi dalam ikan Marlin lebih mudah diserap tubuh daripada sumber zat besi lainnya seperti serealia atau kacang – kacangan. Manfaat ikan marlin berasal dari kandungan zat besinya yang mudah dicerna sehingga dapat mencegah anemia. Manfaat ini juga bisa Anda dapatkan pada manfaat ikan pindang dan manfaat ikan gurame.Mungkin masih banyak lagi manfaat lain yang bisa Anda temukan yang dirilis dari berbagai sumber, silahlan konsultasikan juga di bidang kesehtan.

Harga Ikan Marlin

Sekarang mari kita simak update harga pasaran ikan marlin yang kami dapatkan dari tempat pelelangan ikan atau dari penjual di pasar tradisional.

Kota/JenisHargaSatuan
Wonosobo45.000kg
Yogyakarta37.500kg
Bali55.000kg
Lombok38.000kg
Semarang44.500kg
Surabaya44.700kg
Harga Ikan marlin fillet8000100 gram
Tangerang45.000kg
Harga Ikan marlin biru55.000kg
Wonogiri37.000kg
Malang40.000kg
Indonesia50.000kg
Lampung39.000kg
Aceh40.000kg
Jakarta60.000kg
Makasar37.500kg

daftar harga ikan marlin berdasarkan jenis dan daerah masing – masing, harga tersebut bukanlah patokan harga sebenarnya kerena harga ikan marlin sewaktu – waktu dapat berubah – ubah hal tersebut di karenakan perbedaan kondisi ekonomi di setiap daerah dan kondisi permintaan akan ikan marlin.

Untuk harga ikan merlin di Jakarta saat ini memang mengalami kenaikan yakni Rp. 60.000 per kg, hal tersebut di karenakan permintaan kan ikan merlin di jakarta sangatlah banyak sedangkan persediaan akan ikan merlin yang tidak memenuhi permintaan.

Harga ikan marlin dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan lebih lanjut. Demikian info singkat mengenai harga ikan Marlin per kilo hari ini, semoga bermanfaat.