Cara Membuat Masker untuk Rambut Kering dari Bahan Alami, Ampuh dan Mudah Digunakan

4 Cara Membuat Masker untuk Rambut Kering dari Bahan Alami, Ampuh dan Mudah Digunakan

TANYABERITA.COM – Salah satu permasalah pada rambut yang banyak dialami adalah rambut kering, kusam, dan kasar. Rambut yang seperti ini akan sangat mengganggu penampilan serta menurunkan rasa percaya diri.

Bahkan, rambut yang kering dan kusam juga bisa sampai mengganggu aktivitas keseharian karena kulit kepala menjadi gatal. Cara membuat masker rambut kering menjadi penting untuk diketahui untuk mengatasinya.

Cara membuat masker rambut kering dari bahan alami akan sangat membantu rambut menjadi sehat kembali. Menggunakan masker rambut setiap pekan tentu ini lebih efektif diterapkan dibanding menggunakan shampoo saja. Jangan sampai Anda biarkan rambut kering hingga membuatnya menjadi mudah patah.

Bahan Alami untuk Masker Rabut Kering

Berikut ini beberapa cara alami membuat masker rambut kering yang TanyaBerita.com rangkum dari berbagai sumber, Senin (22/02/2021).

1. Masker Minyak Kelapa & Madu

Masker alami untuk rambut kering dan kusam yang pertama adalah minyak kelapa dan madu. Tidak hanya rambut kering tetapi juga rambut yang rusak dan bercabang. Kandungan dalam madu dapat membantu mempertahankan kelembapan rambut.

Sedangkan minyak kelapa memiliki sifat mudah terserap oleh batang rambut. Sifat ini akan membuat rambut mudah mendapat nutrisi dan mendapat asupan protein lebih mudah.

Cara membuat masker rambut kering dari minyak kelapa dan madu sangat mudah dilakukan. Pertama, Anda campurkan 1 sdt madu organik dengan 1 sdt minyak kelapa organik.

Kemudian panaskan campuran tersebut sebentar, sambil diaduk rata. Biarkan campuran tersebut dingin, kemudian aplikasikan ke seluruh rambut. Diamkan selama 40 menit, kemudian keramas hingga benar-benar bersih seperti biasa.

2. Masker Telur, Madu & Cuka Apel

Masker alami untuk rambut kering dan kusam selanjutnya adalah kombinasi telur, madu, dan cuka apel. Perpaduan apik ketiganya dapat membantu menghidrasi dan memberi kilau pada rambut.

Sebut saja putih telur dapat memperkuat rambut dan kuning telurnya dapat meningkatkan pertumbuhan rambut karena nutrisinya. Sedangkan madu melembapkan dan cuka apel menghilangkan residu pada rambut.

Berikut ini cara membuat masker rambut kering dari ketiga bahan alami tersebut. Pertama, Anda siapkan 1 butir telur, 1 sdt madu, dan 1 sdm cuka apel, campurkan semua bahan hingga merata. Aplikasikan campuran ke seluruh rambut. Diamkan selama 30-40 menit, kemudian bilas hingga bersih. Mudah sekali bukan?

3 Masker Lemon & Minyak Zaitun

Masker dari bahan alami untuk rambut kering dan kusam yang ketiga bisa Anda coba gabungkan penggunnaan lemon dan minyak zaitun. Minyak zaitun akan membantu melembapkan kulit dan lemon akan membantu menutrisinya lebih dalam. Fungsi dari minyak zaitun ini bahkan hampir sama dengan minyak kelapa.

Pertama-tama Anda campurkan saja 2 sdm jus lemon, 2 sdm minyak zaitun, dan 2 sdm air. Kemudian aplikasikan campuran tersebut ke seluruh rambut dan kulit kepala, pijat kulit kepala dengan lembut. Diamkan selama 20-30 menit sebelum dibilas.

4. Masker Alpukat, Minyak Kelapa & Lidah Buaya

Masker alami untuk rambut kering dan kusam yang terakhir adalah dengan memanfaatkan khasiat dari alpukat, minyak kelapa, dan lidah buaya. Campuran ini juga bisa digunakan untuk solusi rambut kering sering disandingkan dengan rambut gatal dan berketombe. Perpaduan ketiganya bisa membantu mengatasi ketombe yang membandel.

Alpukat mengandung asam folat, zat besi, dan magnesium. Kandungan ini dapat menutup kutikula rambut. Jika kutikula tertutup, maka rambut akan terhindar dari kerusakan. Minyak kelapa dan lidah buaya sendiri akan membantu menutrisi dan melembapkan rambut secara alami.

Tertarik untuk membuat masker rambut kering dari bahan alpukat, minyak kelapa dan lidah buaya? Begini caranya. Pertama, Anda campurkan 1 buah alpukat matang, 2 sdm gel lidah buaya, dan 1 sdt minyak kelapa, gunakan blender agar semua bahan tercampur rata. Aplikasikan campuran tersebut ke seluruh rambut dan kulit kepala. Diamkan selama 30 menit, kemudian bilas rambut seperti biasa.

Demikianlah berbagai cara natural untuk mengatasi rambut kering dengan menggunakan masker dari bahan-bahan alami yang ada di sekitar Anda. Rambut semakin sehat dan Anda pun terlihat lebih cantik alami.