Minuman yang Ampuh untuk Mengatasi Insomnia Secara Alami

5 Minuman yang Ampuh untuk Mengatasi Insomnia Secara Alami

TANYABERITA.COM – Kebutuhan tidur orang dewasa bervariasi, namun lamanya tidur yang baik adalah berkisar antara 7 – 9 jam secara langsung. Saat tidur ini digunakan tubuh dan ikiran untuk beristirahat dan juga memperbaiki diri. Sehingga saat bangun tidur tubuh terasa segar.

Namun pada kenyataan justru kebanyakan orang dewasa mengalami gangguan kesulitan tidur atau insomnia. Hal ini menjadikan kualitas dan kuantitas tidur terganggu dan menyebabkan banyak gangguan kesehatan lainnya menyusul.

Berdasarkan yang TanyaBerita.com rangkum dari berbagai sumber, Kamis (24/02/2021), penyebab insomnia bermacam-macam antara lain adalah stress, depresi, gaya hidup yang tidak sehat seperti terlalu banyak mengonsumsi kafein dan juga merokok, serta efek dari obat-obatan yang dikonsumsi.

Akibat yang ditimbulkan karena insomnia ini juga cukup mengganggu aktivitas harian seperti lesu, mengantuk, mudah lelah dan kurang fokus pada siang hari.

Minuman untuk Mengatasi Insomnia

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi insomnia, seperti rutin berolahraga, mengubah gaya hidup dan pola makan menjadi lebih sehat. Selain itu upayakan selalu berpikiran positif dan kendalikan stress.

Untuk membantu tubuh agar lebih rileks dan mengurangi insomnia Anda juga dapat mengonsumsi beberapa makanan berikut ini:

1. Teh Hijau

Berbeda dengan teh biasa teh hijau kaya akan antioksidan. Antioksidan ini membantu menghilangkan radikal bebas yang muncul karena kebiasaan gaya hidup tidak sehat Anda. Teh hijau juga mengandung theanine yang terbukti dapat membuat tubuh kita relaks.

Minumlah teh hijau setelah makan malam sekitar satu atau dua jam sebelum tidur. Hal ini akan membantu Anda tidur lebih nyenyak saat malam hari.

2. Susu Hangat

Bagi anda penyuka susu, ternyata susu hangat juga ampuh untuk mengatasi insomnia. Susu membuat kita lebih kenyang sehingga saat tidur tidak terganggu rasa lapar. Selain itu, dalam susu mengandung tryptophan memiliki efek meningkatan produksi serotonin di otak.

Dengan dihasilkannya serotonin pikiran kita menjadi lebih relaks sehingga tubuh akan hormon melatonin yang akan membuat tidur kita lebih nyenyak.

3. Smoothie Pisang

Seperti halnya susu, pisang juga mengandung tryptophan. Selain itu pisang juga mengandung kalium dan magnesium, kedua mineral ini digunakan tubuh untuk relaksasi otot. Selain itu karbohidrat dalam pisang juga membantu mengenyangkan.

Perpaduan nutrisi dalam smoothie pisang akan membuat perut Anda nyaman, otot dan pikiran rileks sehingga lebih cepat mengantuk dan tidur lebih nyenyak.

4. Teh Peppermint

Teh Peppermint mengandung anti inflamasi dan juga mampu mengurangi intensitas kerja otot. Mengonsumsi teh peppermint terutama setelah beraktifitas berat menjadikan otot kita lebih rileks dan juga meredakan nyeri otot yang mungkin muncul setelah beraktifitas. Hal ini menjadikan kita dapat beristirahat lebih nyaman dan tidur dengan lebih nyenyak.

5. Susu Almond

Seperti halnya susu sapi, susu almond juga memiliki tryptophan yang akan memicu produksi hormon melatonin dalam tubuh. Bagi Anda yang vegetarian, memiliki intoleransi laktosa atau sedang dalam program penurunan berat badan.

Susu almond merupakan pilihan yang baik dalam mengatasi insomnia dibandingkan dengan susu sapi. Karena dengan hasil yang sama susu almond memiliki kelebihan lebih rendah kalori dan juga lebih ramah untuk pencernaan. Selain itu seperti pisang, susu almond mengandung magnesium yang juga membantu merelaksasi otot-otot dalam tubuh Anda.

Kelima minuman di atas hanyalah alternatif pilihan yang mampu mengurangi gejala insomnia Anda. Dan tentu saja, pola makan dan gaya hidup sehat tetaplah kunci utama. Berlatih yoga untuk mengelola stress juga bukanlah pilihan yang buruk jika Anda merupakan orang yang bekerja dalam bidang yang berpotensi memicu stress yang berlebihan.