Cara Mengatasi Asam Lambung Naik Secara Alami, Penyebab dan Gejalanya

Cara Mengatasi Asam Lambung Naik Secara Alami, Penyebab dan Gejalanya

TANYABERITA.COM – Salah satu gangguan kesehatan yang sering dialami orang di dunia adalah asam lambung. Penyakit yang sangat mengganggu ini dikenal juga dengan nama GERD atau Gastroesophageal reflux disease. Umumnya, asam lambung yang naik ditandai dengan gejala sakit dada atau nyeri ulu hati, sulit menelan, hingga perut terasa tidak nyaman.

Asam Lambung Naik (GERD)

Kondisi GERD semacam ini dapat disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kelebihan berat badan dan sedang hamil. Dirangkum portal TanyaBerita.com dari sumber terpercaya, Jumat (05/03/2021), penyakit asam lambung dapat terjadi karena naiknya asam lambung menuju esofagus atau kerongkongan.

Kondisi ini terjadi pada saluran pencernaan yang menghubungkan antara mulut dan lambung. Umumnya, seseorang yang menderita penyakit ini akan mengalami rasa nyeri pada ulu hati.

Sakit ulu hati dapat menimbulkan keadaan tidak nyaman di daerah antara bagian bawah tulang dada dan pusar. Penderita biasanya juga akan merasakan rasa sakit sebelum makan, saat makan, atau setelah makan. Sebelum kita bahas cara mengatasi asam lambung naik secara alami, mari simak dahulu berbagai penyebab GERD.

Ada beberapa hal yang dapat meningkatkan risiko terkena penyakit asam lambung, seperti kebiasaan merokok, infeksi bakteri H. Pylori, hingga efek samping obat-obatan tertentu.

Penyebab Asam Lambung Naik

Seperti yang sudah diketahui, asam lambung bisa naik ke kerongkongan akibat katup antara kerongkongan dan lambung mengalami gangguan. Kondisi ini bisa menyebabkan penderita merasakan sakit perut atau ulu hati terasa terbakar (mulas). Ada beberapa penyebab asam lambung yang biasa dialami oleh penderita, di antaranya seperti berikut:

1. Usia

Penyebab asam lambung naik yang pertama adalah faktor usia. Semakin bertambahnya usia, semakin tinggi pula risiko naiknya asam lambung. Hal ini karena tubuh tidak mampu lagi memproduksi kadar asam dengan seimbang.

2. Merokok

Selanjutnya, penyebab asam lambung naik atau GERD yang kedua adalah merokok. Kebiasaan merokok menjadi salah satu penyebab asam lambung naik yang paling sering dialami penderita. Merokok bisa menganggu fungsi LES dan mengurangi produksi air ludah. Oleh karena itu, bagi penderita asam lambung, sebaiknya mengurangi kebiasaan merokok.

3. Stres

Penyebab asam lambung naik yang selanjutnya adalah stres yang tidak dikelola dengan baik. Pasalnya, kondisi ini akan merangsang area tertentu pada otak sehingga meningkatkan sensitifitas rasa nyeri ulu hati. Selain itu, kondisi ini juga bisa menurunkan hormon prostaglandin, sehingga lapisan lambung bisa mengalami gangguan.

4. Makan Terlalu Banyak

Penyebab asam lambung naik lainnya adalah faktor makanan. Seseorang yang mengonsumsi terlalu banyak makanan yang mengandung gas, seperti kubis, kacang polong, dan apel dapat meningkatkan risiko asam lambung naik. Selain itu, mengonsumsi minuman yang bersoda juga dapat menyebabkan seseorang mengalami kondisi ini.

5. Kekurangan Nutrisi

Penyebab asam lambung naik yang terakhir adalah kondisi seseorang yang kekurangan nutisi. Kekurangan asupan nutrisi juga bisa menyebabkan asam lambung naik. Tubuh yang kekurangan nutrisi tidak dapat memproduksi enzim dengan baik sehingga pencernaan organ akan terganggu. Hal inilah yang dapat meningkatkan gas dan menjadi penyebab asam lambung naik.

Gejala Asam Lambung

Seseorang yang menderita asam lambung biasanya ditandai dengan beberapa gejala, seperti sering mual dan muntah. Selain itu, ada beberapa gejala lainnya, di antaranya seperti berikut:

  • Merasa ada yang mengganjal saat menelan
  • Suara menjadi serak dan sering bersendawa
  • Batuk kronis tanpa dahak, terutama saat malam hari
  • Bau mulut
  • Munculnya sakit tenggorokan yang tak kunjung hilang dan sakit saat menelan

Cara Alami Mengatasi Asam Lambung Naik

Asam lambung merupakan salah satu jenis gangguan pencernaan yang sering dialami seseorang. Hal ini menimbulkan rasa tidak nyaman pada perut, bahkan dapat memicu datangnya berbagai macam penyakit. Sehingga kondisi seperti ini sebaiknya segera diatasi.

Cara mengatasi asam lambung naik dapat dilakukan secara alami, salah satunya adalah dengan menghindari mengonsumsi makanan penyebab asam lambung, seperti alkohol, soda, kopi, atau teh secara berlebihan. Selain itu, ada beberapa cara mengatasi asam lambung naik lainnya, di antaranya seperti berikut:

  • Makan lebih teratur, dan jangan sampai telat
  • Perhatikan porsi makan
  • Mengunyah makanan dengan benar
  • Tidak rebahan (tiduran) setelah makan
  • Hindari minum air terlalu banyak ketika makan
  • Hindari makanan asam, pedas, dan berlemak
  • Kurangi minum teh dan kopi
  • Hentikan kebiasaan merokok
  • Batasi asupan cokelat
  • Hindari atau kelola stres dengan baik
  • Kurangi minum-minuman berkarbonasi

Demikianlah berbagai penyebab, gejala dan cara mengatasi asam lambung naik dengan cara alami. Jika GERD yang Anda derita tidak kunjung sembuh, segera konsultasi dengan dokter agar mendapatkan penanganan secara medis.