Manfaat Latihan Kardio untuk Tubuh

Menjadi bugar dan sehat adalah kunci utamanya. Faktanya, itu tidak pernah ketinggalan zaman. Tubuh ini adalah hal paling berharga yang dapat Kamu miliki dalam hidup Kamu. Karena itu penting untuk merawatnya dengan baik. Beri dia perhatian yang dia butuhkan.

Dalam hal memastikan dan menjaga kesehatan, pilihan terbaik adalah melakukan kardio.

Apa itu Pelatihan Kardio?

Latihan kardio mencakup aktivitas apa pun yang membutuhkan penggunaan kelompok otot besar tubuh secara teratur dan tidak terputus. Ini meningkatkan detak jantung Kamu antara 60 hingga 85 persen dari detak jantung tercepat yang bisa Kamu dapatkan.

Beberapa kegiatan latihan kardio yang biasa dilakukan adalah jalan kaki, jogging, lari, senam aerobik, bersepeda, tai po, berenang dan mendayung. Latihan kardio adalah latihan aerobik karena Kamu perlu beralih dari satu latihan ke latihan berikutnya.

Apa Manfaat dari Pelatihan Kardio?

1. Memberi Energi pada Tubuh

Kamu dapat mengharapkan lebih banyak energi dan stamina setelah beberapa waktu melakukan latihan kardio secara teratur.

2. Mencegah Penyakit

Seseorang dapat mencegah penyakit jantung melalui latihan kardio secara teratur. Selain itu juga bermanfaat untuk mencegah berbagai penyakit lain seperti diabetes, obesitas, bahkan kolesterol tinggi. Pelatihan kardiovaskular memperkuat jantung dan paru-paru. Jenis latihan kardio rendah hingga sedang diperlukan untuk orang yang mencari pencegahan penyakit. Contohnya termasuk jalan kaki, jalan cepat, atau joging.

3. Kontrol Berat Badan

Dengan latihan kardio, Kamu bisa membakar lebih banyak kalori. Ini akan membantu orang yang perlu menurunkan berat badan. Sedangkan bagi mereka yang sudah mencapai massa tubuh ideal, latihan akan mempermudah pengendalian berat badan.

Latihan kardio membantu membakar kalori. Namun, ini umumnya tergantung pada berat badan Kamu saat ini dan jenis latihan kardio yang Kamu jalani. Sebaiknya konsultasikan dengan dokter atau pelatih Kamu tentang hal ini, untuk mengetahui jenis pelatihan apa yang tepat untuk kebutuhan Kamu.

4. Kehilangan Lemak Tubuh

Beberapa orang tidak bermasalah dengan berat badannya. Namun, mungkin ada lemak ekstra yang mengganggu diri Kamu sendiri. Latihan kardio akan membantu menghilangkan semua ini. Kegiatannya meliputi gerakan kelompok otot besar. Melakukan pelatihan secara teratur akan membuat Kamu lebih ramping.

5. Singkirkan Kebosanan

Latihan kardio itu menyenangkan. Ini memompa sistem Kamu. Kamu pasti akan merasa lebih berenergi dan dalam perjalanan.

Rekomendasi untuk Lebih Menikmati Manfaat dari Latihan Kardio

Latihan kardio sangat penting saat Kamu perlu melakukan peningkatan kesehatan. Sebagai permulaan, yang terbaik adalah berolahraga selama 30 hingga 45 menit, 3 hingga 5 hari seminggu. Jika Kamu bertujuan untuk menurunkan berat badan, pelatihan harus dilakukan 5 hari seminggu. Kapanpun Kamu sering melakukan ini; Semakin besar kemungkinan Kamu menurunkan berat badan. Namun, hindari terlalu membebani diri Kamu dengan olahraga. Hindari melebihi 45 menit. Ingat, ini harus dilakukan secara rutin.

mulai sekarang. Berjalan atau bersepeda di sekitar lingkungan sekarang. Ikuti video latihan yang Kamu beli. Tetapkan tujuan dan ikuti tujuan itu. Pada saat yang sama, sesuaikan juga pola makan Kamu. Makan makanan sehat.

Ketika tingkat kebugaran meningkat, begitu pula intensitas latihan. Ini memiliki area kontras dan harus selalu ada ruang untuk perbaikan. Lakukan ini dengan meningkatkan beberapa bagian pelatihan. Jika Kamu joging atau lari, tingkatkan kecepatan setiap 5 menit setidaknya selama satu atau dua menit. Penting untuk menantang diri sendiri, tidak terjebak dalam kesulitan.

Hindari melakukan latihan kardio sebelum tidur. Kamu akan sulit tidur jika melakukan ini karena tingkat energi tubuh akan tetap tinggi selama beberapa waktu.

Jika Kamu juga melakukan latihan angkat beban, lakukan latihan kardio segera setelahnya dan bukan sebelumnya.

Sebaiknya makan camilan 30 menit sebelum melakukan cardio. Jangan mulai dengan berlatih dengan perut kosong. Ini tidak akan membantu dalam mencapai momentum yang tepat selama latihan. Pada saat yang sama, hindari memanjakan diri dengan makanan besar sebelum berolahraga. Berikan tubuh Kamu pasokan yang dibutuhkan untuk mempertahankan gerakan yang melelahkan.

Latihan kardio di luar ruangan itu bagus. Dengan cara ini Kamu dapat dengan mudah berinteraksi dengan alam dan menghirup udara segar. Kamu juga dapat menikmati berjalan-jalan di lingkungan sekitar saat Kamu mendapatkan rejimen kesehatan yang lebih baik setiap menit. Dimungkinkan untuk menjalin persahabatan antara orang-orang yang melakukan latihan mereka juga.

Bersikaplah konsisten dan terus berlatih segera setelah dimulai. Ini adalah satu-satunya cara latihan aerobik bermanfaat bagi tubuh dan kesehatan Kamu dalam jangka panjang.