Kandungan dalam Produk Skincare yang Ampuh Menghilangkan Jerawat di Wajah

7 Kandungan dalam Produk Skincare yang Ampuh Menghilangkan Jerawat di Wajah

TANYABERITA.COM – Berbagai kandungan aktif yang ada di dalam produk perawatan dan kecantikan yang ampuh untuk menghilangkan jerawat di wajah. Jerawat merupakan masalah yang umum dialami oleh banyak orang, khususnya yang muncul di wajah.

Bagi Anda para pemilik jenis kulit berjerawat, pemilihan produk skincare yang tepat sangatlah penting. Salah-salah, beberapa kandungan dalam produk perawatan wajah justru bisa berdampak buruk bagi kulit Anda.

Tentu saja Anda tidak menginginkan kulit wajah Anda yang halus mulus menjadi rusak dan penuh jerawat, hanya karena salah memilih produk skincare.

Kandungan Aktif Produk Skincare Penghilang Jerawat

Untuk itu, penting mengetahui kandungan apa saja yang sesuai dengan jenis kulit agar dapat memilih produk skincare yang tepat. Seperti dihimpun TanyaBerita.com dari berbagai sumber terpercaya, Rabu (24/03/2021), berikut beberapa kandungan skincare yang perlu diperhatikan bagi pemilik jenis kulit berjerawat.

1. Benzoyl Peroxide

Kandungan aktif dalam produk skincare yang berguna dalam menghilangkan jerawat yang pertama adalah beynzoyl peroxide. Maka tidak mengherankan apabila beberapa produk skincare memasukkan beynzoyl peroxide sebagai salah satu bahannya. Namun, Anda juga harus memperhatikan seberapa takaran kandungan tersebut yang pas dan tepat dalam sebuah produk.

Di dalam produk skincare, kandungan benzoyl peroxide disarankan tidak melebihi 2,5%. Angka tersebut sudah cukup efektif dan kuat. Hindari produk yang memiliki kadar benzoyld peroxide melebihi 2,5% pasalnya dapat menyebabkan iritasi pada kulit wajah.

2. Salicylic Acid

Kandungan aktif dalam produk skincare yang berguna dalam menghilangkan jerawat yang kedua adalah salicylic acid. Pasalnya, salicylic acid merupakan kandungan dalam produk skincare yang direkomendasikan untuk jenis kulit berjerawat dengan pori-pori besar. Kulit yang memiliki pori besar akan rentan terhadap minyak dan kotoran yang menyumbat dan menyebabkan jerawat serta komedo.

Kandungan ini diklaim mampu mengangkat semua kotoran yang menyumbat pori-pori dan membantu menghilangkan minyak berlebih. Namun demikian, tidak semua jenis kulit berjerawat dapat menggunakan bahan ini.

Pasalnya, beberapa orang mungkin menganggap jika salicylid acid sangat keras bagi kulit mereka. Maka dari itu, di awal pemakaian disarankan untuk menggunakannya dalam dosis kecil dan dioleskan pada bagian berjerawat saja untuk mengetahui reaksinya.

3. Tea Tree Oil

Kandungan aktif dalam produk skincare yang berguna dalam menghilangkan jerawat berikutnya adalah tea tree oil. Memang benar jika tea tree juga dikenal sebagai salah satu bahan alami yang ampuh hilangkan jerawat. Kandungan ini dikatakan mengandung antibakteri yang bisa membantu membersihkan kotoran yang menyubat pori dan menyebabkan jerawat.

Banyak produk-produk skincare yang menggunakan tea tree sebagai bahan utama dan biasanya dibuat dalam bentuk minyak dari ekstrak tumbuhan alami.

Namun, untuk beberapa kulit yang cukup sensitif disarankan untuk menggunakannya secara bertahap dan dalam dosis kecil agar tidak terjadi iritasi.

4. Alpha Hydroxy Acids (AHA)

Kandungan aktif dalam produk skincare yang berguna dalam menghilangkan jerawat yang keempat adalah Alpha Hydroxy Acids (AHA). Hal ini disebabkan karena kandungan AHA yang terdapat dalam produk skincare dipercaya mampu membantu meredakan peradangan pada kulit yang berjerawat. Kandungan ini juga dipercaya dapat membantu dalam meregenerasi sel kulit sehingga pori-pori akan tampak mengecil.

5. Clay

Kandungan aktif dalam produk skincare yang berguna dalam menghilangkan jerawat yang berikutnya adalah clay. Secara umum, clay merupakan kandungan yang dapat ditemukan di banyak produk masker wajah. Bahan ini dipercaya mampu membantu mengangkat kotoran, minyak, dan komedo.

6. Sulfur

Selain clay, kandungan aktif lainnya dalam produk skincare yang berguna dalam menghilangkan jerawat adalah sulfur atau belerang. Bahkan, sulfur juga dipercaya mampu membantu dalam proses penyembuhan bekas luka akibat jerawat dan menyamarkan flek hitam di wajah.

7. Retinoid

Kandungan aktif dalam produk skincare yang berguna dalam menghilangkan jerawat yang terakhir adalah retinoid. Adapun retinoid itu sendiri umumnya banyak ditemui dalam bentuk salep.

Bagi Anda pengguna pemula, sebaiknya memakai salep ini dalam dosis kecil dan oleskan pada bagian wajah yang muncul jerawat saja. Hal ini guna menghindari adanya breakout atau iritasi yang bisa saja terjadi pada kulit wajah Anda.