Bikin Penasaran! Ada Agrowisata Buah Meksiko di Tawangmangu Tempat Wisata Di Karanganyar Terbaru Februari 2022

Bikin Penasaran! Ada Agrowisata Buah Meksiko di Tawangmangu Tempat Wisata Di Karanganyar Terbaru Oktober 2022

TANYABERITA.COM – Wisata Karanganyar memang tidak ada habisnya untuk dieksplor, baru-baru ini ada tempat wisata baru di Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, menawarkan objek baru yaitu “Agrowisata Kebun Buah Black Sapote” alias kesemek hitam. Buah asli Meksiko, bisa anda datangi saat liburan di Kelurahan Sepanjang, Tawangmangu.

Di media sosial telah diunggah salah satu jenis buah yang belum banyak diketahui namanya, banyak warganet penasaran. Ternyata buah tersebut bernama black sapote, yang memang belum familiar di kalangan masyarakat.

Black sapote adalah buah yang berasal berasal dari Meksiko, dan beluk banyak yang memiliki di Indonesia. Kita patut berbangga, sebab buah ini baru ramai di kembangbiakan masyarakat pecinta tanaman dan buah-buahan.

Ciri dari buah kesemek hitam atau black sapote ini, mempunyai bentuk bulat. Bagian kulitnya berwarna hijau mengkilat. Sedangkan ukuran dari buah viral tersebut sedikit lebih besar dari buah kesemek biasa.

Breaking News Kumpulan Foto Polwan Cantik Briptu Christy Triwahyuni Lengkap dengan Profil

Black Sapote Alias Kesemek Hitam

Bagaimana rasa buah black sapote? Banyak yang penasaran dengan rasanya, namun tak perlu diragukan lagi, bahwa buah kesemek dari Meksiko sangat unik karena ada yang menyebutnya mirip dengan puding cokelat.

Rasanya seperti buah alpukat dengan rasa cokelat. Uniknya, buah ini memiliki kandungan vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh.

Karena mulai banyak yang ingin menikmati buah tersebut, maka banyak para petani Sepanjang, Tawangmangu mulai mengembangkan serta membudidayakan tanaman asli Meksiko di kebun mereka.

Salah satu petani yang merupakan pencetus dari budidaya semut hitam tersebut menceritakan, bahwa pohon ini telah ditanam nya sejak 6 tahun silam. Untuk menanamnya memang butuh kesabaran, pada tahun pertama hanya berbuah sedikit. Sedangkan ditahun kedua, petani tersebut menceritakan mulai memanen dalam jumlah yang cukup banyak.

Untuk menunggu buah kesemek hitam masak anda perlu bersabar, sebab dibutuhkan waktu sembilan bulan sejak menjadi bunga, bahkan bisa lebih lama lagi.

Petani kesemek asal Sepanjang, Tawangmangu ini, sekarang mempunyai 40 pohon buah black sapote yang ditanam pada lahan yang dimiliki sekitar 1.000 meter persegi. Jenis Balck Sapote yang ditanam adalah Kesemek Giant tanpa biji, barang siapa yang memakainya tidak akan kecewa, sebab mempunyai daging tebal serta memiliki rasa yang lebih enak.

Manfaat Black Sapote “Kesemek Hitam”

Manfaat Black Sapote Buah Kesemek Hitam

Apa manfaat buah black sapote?

Sebelum mengkonsumsinya, ketahui beberapa Manfaat dari Buah Black Sapote ini sehingga anda tidak ragu membeli dan memakanya.

  1. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi.
  2. Bernutrisi Tinggi.
  3. Meminimalisasi Risiko Kanker.
  4. Membantu Pembentukan Otot.
  5. Mengandung Zat Besi.
  6. Menurunkan Berat Badan.
  7. Menjaga Kesehatan Mata.
  8. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh.

“Mungkin ada petani lain di Tawangmangu yang juga menanam black sapote ini, tapi mungkin itu jenis yang ada bijinya. Sedangkan black sapote milik saya ini jenis Giant, tidak ada bijinya,” ujarnya,.

Simak juga Foto Kecelakaan Bus Pariwisata di Bantul, Terlihat Remuk Karena Tabrak Tebing di Imogiri, Korban Berasal dari Solo

Sayangnya, untuk bisa menikmati buah black sapote milik bapak Suwarno tersebut, anda wajib singgah langsung ke kebunnya di sekitar SMP Pemda Tawangmangu.

Sedangkan untuk ketersediaan stock buah yang sudah layak dikonsumsi atau belum, Anda dapat menghubungi Suwarno melalui media sosial Facebooknya.

Harga Buah Black Sapote Per KG

Agrowisata Black Sapote Kesemek Hitam Tawangmangu

Berapa harga buah black sapote?

Bagi yang masih penasaran dan ingin mencicipi buah viral ini, silakan ketik secara langsung namun jangan lupa ini jenis yang sudah matang atau yang sudah tua. Suwarno menuturkan, jika sekarang ada harga promo black sapote dijual dengan banderol Rp. 60.000 per kilo nya saja hingga hari raya lebaran.

Salah satu petani asal Tawangmangu ini juga menceritakan bahwa sudah ada peminat yang memesan dari Bandung asik dan Bali. Namun ia tidak berani melayani dalam jumlah banyak sebab khawatir stek buah black sapote yang ia miliki belum bisa memenuhi permintaan pasar.

Lihat juga Cek Syarat dan Cara Daftar BLT UMKM

Ia juga menambahkan “jika saya belum berani jual online karena takut ribet dan buahnya rusak kalau kelamaan di pengiriman. Tapi Ada dua orang yang sering beli ke saya lalu menjualnya lagi secara online,” .

Harapannya, semoga komoditas black sapote semakin berkembang dan banyak peminatnya sehingga bisa menjadi salah satu jenis buah unggulan.