8 Tips Mengobati Diabetes dengan Bahan Alami yang Perlu Diketahui

TANYABERITA.COM – Banyak orang mengira diabetes adalah penyakit yang tidak dapat disembuhkan. Pada kenyataannya diabetes adalah penyakit yang berhubunga dengan gaya hidup dan juga masalah pada produksi atau penggunaan inslin dalam tubuh. Insulin adalah hormon yang dihasilkan oleh pankreas yang berfungsi untuk memecah gula menjadi energi.

Diabetes bisa disebabkan karena asupan gula terlalu banyak sehingga insulin yang dihasilkan tubuh tidak mecukupi atau memang ada gangguan pada produksi insulin. Jika tidak dipecah gula akan menumpuk dalam tubuh dan darah sehingga menyebabkan diabetes.

Hal yang harus dilakukan penderita diabetes adalam memperbaiki pola makan dan asupan makanan serta memperbaiki fungsi insulin dalam tubuh. Selain melakukan injeksi insulin dan obat terdapat juga pengobatan alami melalui makanan yang dikonsumsi harian untuk menurunkan kadar gula dan memulihkan produksi insulin.

Bahan Alami untuk Obat Diabetes

Berikut adalah bahan alami yang dapat membantu meringankan diabetes, menurunkan gula darah dan juga mengembalikan produksi insulin dari berbagai sumber, Selasa (16/02/2021):

1. Brokoli & Sayuran Hijau

Hal utama yang harus dilakukan saat terdiagnosa diabetes adalah menjaga pola makan sebagai bagian dari tips sehat alami. Melakukan diet rendah gula dan karbohidrat adalah pilihan yang bijak. Jika diet karbo membuat Anda khawatir kurang mengenyangkan, Anda dapat memasukkan brokoli dan sayuran hijau lain ke dalam menu harian anda dalam porsi yang sedikit lebih banyak. Selain mengenyankan brokoli dan sayuran hijau dapat membantu menurunkan kadar gula darah.

2. Madu Murni & Kayu Manis

Yang tidak boleh dikonsumsi oleh penderita diabetes adalah gula refinasi. Untuk mengganti kebutuhan gula biasanya penderita diabetes menggunakan madu murni. Madu murni yang dimasukkan dalam seduhan kayu manis terbukti ampuh untuk mengurangi kadar gula dalam darah. Anda bisa meminum ramuan ini setiap hari secara rutin.

3. Daun Sirih

Daun sirih dikenal memiliki efek terapeutik pada kadar glukosa. Untuk mendapatkan manfaatnya Anda dapat memakan daun sirih secara langsung ataupun juga dengan membuat smoothies dengan bahan utama daun sirih dan sayuran hijau lainnya. Ada lebih ramah dilidah Anda dapat menambahkan buah sebagai perasa alami.

4. Lidah Buaya

Lidah buaya dapat menurunkan gula darah dengan cara mengupas lidah buaya kemudian haluskan dagingnya dengan blender bersama sedikit air. Tambahkan madu dan lemon agar rasanya lebih enak.

5. Madu Murni & Yogurt

Jika madu murni dipercaya bisa membantu menurunkaan kadar gula darah, yogurt dipercaya dapat memperbaiki metabolisme tubuh termasuk menghasilkan hormon insulin dalam jumlah yang tepat. Perpaduan kedua bahan ini dapat menjadi camilan yang cocok bagi penderita diabetes. Cukup tambahkan 1 – 2 sendok madu murni ke dalam yogurt plain dan konsumsi sebagai alternatif camilan.

6. Teh Jahe

Jahe sudah terkenal khasiatnya dalam dunia kesehatan. Berdasarkan penelitian ternyata mengonsumsi teh jahe secara rutin dapat menurunkan kadar gula darah hingga 35%, dan juga meningkatkan produksi insulin hingga 10%. Cara pembuatannya cukup mudah yaitu dengan menyedu satu ruas jahe yang sudah dikupas dengan air hangat, kemudian diminum atau ditambahkan madu jika ingin menambah rasa.

7. Jus Pisang Mentah

Pisang mentah mengandung pektin dan pati resisten yang dipercaya membantu mengurangi gula darah tepat setelah dikonsumsi. Ara mudah untuk mendapatkan manfaat tersebut adalah dengan membuatnya menjadi jus. Caranya cukup dengan mengupas pisang mentah kemudian masukkan ke dalam air mendidih selama dua menit untuk menghilangkan getah. Blender pisang dengan menambah sedikit air, minumlah setiap hari setelah makan.

8. Buah Nangka

Buah Nangka kaya akan vitamin dan mampu mempertahankan kadar glukosa dalam darah karena memiliki indeks glikemik yang rendah. Buah nangka adalah alternatif yang sangat cocok dijadikan cemilan untuk penderita diabetes.