Kumpulan Kata Kata Minta Maaf Bahasa Jawa Singkat

Kumpulan Kata-Kata Minta Maaf Bahasa Jawa Halus, Ucapan Sungkem ke Orang Tua saat Lebaran

TANYABERITA.COM – Kumpulan Kata-Kata Minta Maaf Bahasa Jawa dan Ucapan Sungkem. Jelang lebaran dan idul fitri kita akan mencari Kata-kata Minta Maaf Bahasa Jawa dan artinya digunakan untuk sungkem ke orang tua, mertua, kepada orang yang lebih tua. Anda sebaiknya menggunakan bahasa minta maaf bahasa jawa kromo halus dan menyentuh. Permohon maaf migunani bahasa jawa lebih menghormati orang yang lebih tua. Kalimat kata-kata minta maaf sekarang ada dalam bentuk caption, kata-kata bijak minta maaf dikirim melalui medsos WA, Facebook, Twitter dan lainya.

Kita yang mempunyai salah dari tutur kata dan perilaku sebaiknya melakukan introspeksi dan minta maaf secara langsung. Untuk tiu kata kata minta maaf bahasa jawa yang disipakan tanyaberita.com bisa membantu. Ungkapan minta maaf bahasa jawa pun sebenarnya tidak harus disampaikan saat hari raya idul fitri, karena kata kata minta maaf kepada teman bahasa jawa bisa dikatakan saat anda melakukan kesalahan.

Baca Juga: Desain Twibbon Selamat Hari Kartini

KUMPULAN UCAPAN SUNGKEM DENGAN BAHASA JAWA. Tak banyak orang yang mumpuni dan capak sekarang yang mampu mengucapkan kalimat minta maaf bahasa jawa, karena kurangnya pelatihan dan pelajaran. Hal ini karena dianggap oleh anak muda kurang menarik dan memilih bahasa indonesia yang tidak rumit. Agar bahasa halus minta maaf dalam bahasa jawa halus tidak semakin terkubur dan jarang digunakan, anda perlu menggunakanya setiap sungkem ke orang tua.

BACA JUGA : CAPTION KATA BIJAK AWAL BULAN TERBARU DAN KALIMAT DOA MUTIARA INDAH HARI KELAHIRAN PENUH MAKNA

Meskipun belajar bahasa jawa minta maaf dan ucapan maaf bahasa jawa bisa di browsing di internet jika tidak dipraktekan dalam kehidupan sehari-hari akan sulit tertanam dalam perilaku. Untuk itu, informasi kata maaf bahasa jawa ini telah kami susun sedemikian rupa agar anda lebih mudah dan cakap saat sungkem.

Tuhan yang maha pengampun selalu mendengar perkataan dan doa hambanya. Tugas manusia selalu menjaga dan meminta pertolongan supaya tidak mengulangi kesalahan. Gunakan kata-kata minta maaf bahasa jawa ini sebagai ungkapan terbaik untuk menghormati orang tua. Mungkinanda juga mencari kata-kata minta maaf bahasa jawa buat pacar, kata kata minta maaf bahasa jawa halus, permintaan maaf bahasa Jawa maupun minta maaf dalam bahasa jawa.

Pastikan Anda juga download Twibbon Selamat Hari Raya Idul Fitri Keren, Lucu dan Baru.

Cara Sungkem ke Orang Tua dan Mertua

Kalimat Permintaan Maaf Bahasa Jawa

Nah, yang perlu anda lakukan saat sungkem kepada orang tua, mertua atau orang yang lebih tua ada baiknya gunakan cara yang halus namun tidak mengurangi rasa hormat.

  1. Posisikan diri untuk bersimpuh di hadapan orang tua
  2. Menyalami tangannya dengan cara mengapitnya dengan kedua tangan kita
  3. Ucapkan kalimat sungkem dan minta maaf yang telah anda baca diatas.

Baca juga: Kata-Kata Ucapan Selamat Hari Sabtu dan Minggu  dan Caption Weekend Bahasa Inggris

Berikut adalah kumpulan ucapan dan kata-kata selamat hari raya idul fitri dalam bahasa jawa kromo, kromo halus agar lebih mantap agar lebih percaya diri. Sering anda dengan ataupun baca mengenai kata-kata minta maaf sungkem. Gambar permintaan maaf bahasa jawa krama dikirim ke kekasaih, pacar, mantan, teman dan calon istri.

Ucapan & Kalimat Sungkem Lebaran ke Orang Tua

Kata Minta Maaf Bahasa Jawa Halus

Pastikan juga kalimat minta maaf dalam bahasa jawa bisa menjadi contoh untuk anak muda jaman sekarang. Supaya anda tidak kepikiran dan berlama-lama, inilah contoh kata kata minta maaf bahasa jawa.

Kulo meniko dados anak gadah katah sanget kalepatanipun dumatheng tiyang sepah, mongko kulo ngaturaken agunging pangapunten datheng klinta-klintunipun kulo sedoyo.

Artinya: Saya sebagai anak banyak sekali kesalahan terhadap orang tua. Maka dari itu saya minta maaf sebesar-besarnya terhadap kesalahan saya semuanya.

“Mangan jajanan cacahe pitu, rikala menyang Pasar Solo tuku klepon pas karo nglencer, romadhon teko podo jaluk’o pangapuro”.

Artinya: Makan jajan berjumlah tujuh, saat pergi ke Pasar Solo, beli klepon saat jalan-jalan, bila saat ramadan datang jangan lupa meminta maaf

“Wes setahun ora keraso, Ramadhan wis dang balik maneh mring kito, muga-muga sing wes keliwat lan dilakoni, dadekake kebecikan nyambut wulan suci iki, Marhaban yaa ramadhan, nderek pangapurane lahir tuwin bathin ”

“Dinten meniko dinten riyaden, menawi kulo gadah kalepatan ingkang disengojo lan mboten, dumateng panjenengan sak keluarga, kulo nyuwun agunging samudro pangaksami”

Kata Minta Maaf Bahasa Jawa Halus

Kata kata Minta Maaf ke Pacar Singkat

Baca Juga: Daftar Hari Penting Nasional dan Internasional Terbaru

Selanjutnya adalah deretan kata minta maaf singkat dan halus yang menjadi salah satu ungkapan bisa diucapkan ke orang tua, mertuam bude, pakde atau orang yang anda hormati lebih tua.

“Kepareng matur dhumateng [bapak/ibu/simbah/bulek, om, budhe], sowan kula wonten ing mriki, sepindah silaturrahim, kaping kalih ngaturaken sugeng riyadi, ngaturaken sedaya lepat nyuwun pangapunten, kaping tiga nyuwun donga pangestunipun supados kula saged dados putra ingkang sholeh, migunani dhateng agami, nusa, bangsa, lan nagari, lancar anggenipun pados ilmu, gampil anggenipun pados rejeki ingkang halal lan thayyib, ugi sukses nglampahi gesang ing donya lan akhirat”

Artinya: “Perkenankan saya bertutur kepada [ayah/ibu/nenek/om, tante, budhe, pakde], maksud kedatangan saya ke sini, yang pertama silaturahim, yang kedua mengucapkan selamat idul fitri, mohon maaf atas segala salah dan khilaf, yang ketiga mohon doa restunya agar saya jadi anak yang shaleh, berguna untuk agama, nusa, bangsa, dan negara, lancar dalam menuntut ilmu, mudah dalam mencari rezeki yang halal dan thayyib, serta sukses dalam menjalani kehidupan di dunia dan akhirat”.

“Mangan jajanan cacahe pitu, rikala menyang Pasar Solo tuku klepon pas karo nglencer, romadhon teko podo jaluk’o pangapuro” 

Artinya: “Makan jajan berjumlah tujuh, saat pergi ke Pasar Solo, beli klepon saat jalan-jalan, bila saat ramadan datang jangan lupa meminta maaf”.

“Suminten lagi jereng kloso, dodol kupat ngarep tugu, wonten dinten poso menawi lepat kulo nyuwun ngapuro, mugi-mugi Alloh maringi pepadang kagem sedoyo. amin. amin. amin (contoh saat bulan ramadhan datang)”.

Artinya: “Suminten baru menggelar tikar, jualan kupat di depan tugu, disaat puasa datang bila ada salah mohon dimaafkan”

Kalimat Permintaan Maaf Bahasa Jawa

Kalimat Sungkem Lebaran ke Orang Tua

Selajutnya mari kita paparkan kalimat dan kata minta maaf pakai bahasa jawa yang akan kami berikan kepada anda yang sedang membaca. Jika bermanfaat silahkan bagikan ke sanak saudara siapa tahu juga membutuhkan.

Baca Juga:

Mangan jajanan cacahe pitu, rikala menyang Pasar Solo tuku klepon pas karo nglencer, romadhon teko podo jaluk’o pangapuro.

Artinya: “Makan jajan berjumlah tujuh, saat pergi ke Pasar Solo, beli klepon saat jalan-jalan, bila saat Ramadan datang jangan lupa meminta maaf.”

Yen aku tumindak ngawur lan ngomong goroh, yo sing nedho nrimo, sepurane yo.

Artinya: “Kalau aku bertindak bodoh dan berbohong, semoga kamu bisa bersabar, maafin aku ya.”

Numpak andhong nin Kotagedhe, tuku ali-ali kagem eyang putri. Bilih aku nduwe luput gedhe, nyuwun kawelasan sampean ampuni.

Artinya : “Naik andhong ke Kota gedhi, beli anting-anting untuk nenek. Kalau aku membuat kesalahan besar, aku minta maaf.”

Ya Allah ampuni sedoyo kelepatan ingkang dalem lakoni sakbendinane, disengojo kalian mboten disengojo saget Allah ampuni kanthi jembare segoro.

Artinya : “Ya Allah ampunilah kesalahan kami semua yang telah kami lakukan setiap hari, baik disengaja ataupun tidak. Semoga Allah memberikan pengampunan seluas lautan.”

Kata-kata Minta Maaf ke Pacar Singkat Bikin Luluh

Caption Kata Kata Minta Maaf

Ketahui Cara Berpakaian Wanita Agar Terlihat Lebih Muda.

Anak muda jaman sekarang sering mengalami pasang surut hubungan, untuk mempererat hubungan agar harmonis kembali. Berikut adalah kata-kata dan ungkapan minta maaf ke pacar, pasangan dan orang terdekat.

“Aku masih belum bisa memahami maksud amarah kamu, maafin aku. Aku sayang kamu.”

“Sayang, aku telah mengkhianati kepercayaanmu, aku tidak berhak bertanya padamu tentang sesuatu, tapi aku ingin mengatakan bahwa cintaku padamu akan hidup selamanya. Aku mohon, maafkan aku.”

“Bagaimana aku mengucapkan kata-kata, “Maafkan aku” ketika aku tahu bahwa kata-kata itu tidak cukup? Dan bagaimana aku bisa memintamu untuk memaafkanku ketika aku tahu aku tidak bisa memaafkan diri sendiri?”

“Aku berkata “Aku mencintaimu” dan aku bersungguh-sungguh. Tapi aku menyakitimu, sekarang “Aku minta maaf” dan aku juga bersungguh-sungguh.”

“Permintaan maaf adalah parfum yang indah; itu dapat mengubah momen paling menyenangkan menjadi hadiah yang ramah.”

“Maaf ya kalau aku belum bisa jadi yang terbaik dan hanya bisa membuatmu marah. Sekali lagi maafkan aku, sayang. Aku akan berusaha lagi untuk menjadi yang lebih baik untukmu.”

Simak Juga:

Bagaimana cara minta maaf yang baik dan mendapatkan hasil, anda perlu bersungguh-sungguh, tidak menggunakan kata-kata jika dan tapi. Jangan berlebihan, gunakan kata-kata halus dan sebagai awalan gunakan kalimat permintaan maaf. Demikianlan artikel yang membahas Kata-Kata Minta Maaf Bahasa Jawa dan Ucapan Sungkem ke Orang Tua, semoga bermanfaat. Jangan lupa lihat dan pasang link twibbon hari kartini yang telah kami sajikan di halaman lainnya.