Cara Memutihkan Ketiak yang Hitam Secara Alami, Cepat dan Mudah Dilakukan

6 Cara Memutihkan Ketiak yang Hitam Secara Alami, Cepat dan Mudah Dilakukan

TANYABERITA.COM – Apakah Anda mengalami kulit ketiak yang berwarna hitam? Kulit ketiak hitam merupakan salah satu gangguan yang sering dialami banyak orang. Ketiak yang menghitam lama-kelamaan dapat membuat masalah pada penampilan, khususnya bagi wanita. Hal ini membuat banyak wanita tidak percaya diri, terlebih ketika memakai baju tanpa lengan.

Ternyata ketiak hitam kebanyakan dipengaruhi oleh faktor genetik. Orang yang berkulit gelap cenderung memiliki ketiak hitam daripada orang-orang dengan kulit putih. Warna kulit Anda ditentukan oleh sel-sel pigmen yang disebut melanosit. Ketika sel-sel ini bertambah banyak, warna kulit dapat berubah menjadi lebih gelap.

Dikutip dari laman Merdeka, Kamis (18/02/2021), berbagai penyebab umum ketiak hitam lainnya merupakan penumpukan sel kulit mati di area ketiak yang terjadi akibat gesekan terus menerus antara kulit ketiak dan keringat atau antara kulit ketiak dan pakaian. Paparan bahan kimia dari deodoran dan antiperspiran yang Anda biasa pakai juga dapat menggelapkan warna kulit ketiak.

Tips Memutihkan Ketiak Hitam

Memutihkan ketiak yang hitam bisa dilakukan dengan melakukan perawatan pada dokter kulit atau kecantikan. Namun tentunya perawatan tersebut memerlukan biaya yang lumayan mengocek kantong Anda.

Bagi Anda yang ingin memutihkan ketiak yang menghitam, Anda bisa menerapkan tips cantik alami, yakni dengan memanfaatkan bahan-bahan alami yang ada di sekitar Anda. Berikut ini adalah beberapa cara untuk cara memutihkan ketiak dengan secara alami yang bisa Anda coba.

1. Timun

Cara memutihkan kulit ketiak dengan bahan alami yang pertama adalah dengan menggunakan mentimun. Mentimun dikenal dapat mencerahkan kulit, termasuk kulit ketiak. Tidak hanya mencerahkan, mengoleskan atau menempelkan irisan mentimun ke kulit juga dapat membuat kulit Anda terasa lebih segar.

Caranya dengan mengiris timun bulat setebal 2 cm. Gosokkan timun ke ketiak secara lembut dan diamkan beberapa 15 menit. Setelah itu, bilas ketiak Anda dengan air dingin.

2. Minyak Zaitun

Cara memutihkan kulit ketiak dengan bahan alami selanjutnya memanfaatkan khasiat dari minyak zaitun. Adapun Minyak zaitun sudah dikenal memiliki banyak manfaat bagi kulit dan kecantikan. Cara memutihkan ketiak dengan minyak zaitun merupakan dengan mencampurkannya bersama gula pasir.

Campuran minyak zaitun dan gula akan mengangkat sel kulit mati yang telah menumpuk dan membuat kulit ketiak menjadi lebih gelap. Basahi kulit ketiak, lalu oleskan campuran tersebut pada ketiak. Gosok selama 1-2 menit dan biarkan selama 5 menit. Bilas dengan air hangat.

3. Kulit Jeruk

Cara memutihkan kulit ketiak dengan bahan alami selanjutnya bisa Anda gunakan kulit jeruk. Kulit jeruk ternyata bisa digunakan untuk memutihkan ketiak yang hitam. Caranya merupakan dengan mencampurkan satu sendok makan susu, satu sendok makan air mawar dengan lembar kulit jeruk yang diparut.

Kemudian gosokkan campuran tersebut ke ketiak Anda dengan lembut, biarkan selama 15-20 menit sebelum dibilas dengan air dingin. Ulangi dua hingga tiga kali per minggu.

4. Lemon

Cara memutihkan kulit ketiak dengan bahan alami yang keempat adalah dengan lemon, kok bisa? Lemon dikenal sebagai bahan alami yang bisa digunakan untuk memutihkan kulit, tidak terkecuali kulit ketiak. Selain memiliki sifat antiseptik dan antibakteri, kandungan asam dari lemon juga bisa membantu mengikis sel kulit mati di ketiak.

Caranya dengan mengiris lemon tapi jangan terlalu tipis. Gosokkan perlahan ke ketiak Anda. Setelah 10-15 menit, bilas ketiak Anda dengan air dingin, keringkan, dan oleskan pelembab.

5. Minyak Kelapa

Cara memutihkan kulit ketiak dengan bahan alami adalah dengan menggunakan minyak kelapa. Caranya dengan memijat beberapa tetes minyak kelapa ke ketiak Anda. Setelah 15 menit, cuci ketiak Anda dengan air hangat dan sabun. Anda bisa mengulangi langkah ini dua hingga tiga kali sehari.

6. Lidah Buaya

Cara memutihkan kulit ketiak dengan bahan alami yang terakhir bisa Anda coba dengan lidah buaya. Pasalnya, aloesin yang terkandung dalam gel lidah buaya dapat menghambat pembentukan enzim yang menyebabkan pigmentasi kulit. Dengan menghambat aktivitas enzim ini, lidah buaya dapat mencerahkan ketiak yang gelap.

Lidah buaya bersifat antibakteri dan dapat menenangkan kulit yang meradang atau iritasi. Caranya dengan mengoleskan lidah buaya ke ketiak Anda. Diamkan hingga 15 menit, lalu bilas dengan air dingin.

Nah, itulah berbagai cara mudah untuk mengatasi masalah kulit ketiak yang hitam dan berwarna gelap secara alami.