Destinasi Candi Pawon Magelang

Candi Pawon Magelang, Destinasi Wisata Peninggalan Bersejarah di Jawa Tengah

TANYABERITA.COM – Wisata candi pawon merupakan peninggalan bersejarah yang menarik untuk dieksplore dan dipelajari. Candi ini berada di kota magelang dan berlokasi di sumbu garis antara di sekitar 1,7 km di timur candi borobudur atau 1.1 km di barat candi mendut. Candi ini juga merupakan salah satu bangunan peninggalan era kerajaan Hindu dan Buddha.

Candi Pawon merupakan candi yang cukup dikenal setelah candi borobudur dan candi mendut. Ketiga candi ini pun memiliki kemiripan motif pahatan, sehingga kemudian turut mendasari anggapan bahwa ketiganya dibangun pada abad yang sama. Candi ini difungsikan sebagai tempat umat Buddha membersihkan badan dan pikiran dari kekotoran batin.

Ukuran candi ini pun bisa dikatakan lebih kecil dan memiliki ciri khas sebuah bilik tersembunyi didalamnya. Poerbatjaraka beranggapan bahwa Candi Pawon merupakan upa angga, yang berarti bagian dari Candi Borobudur.

Sejarah Candi Pawon

Candi Pawon menjadi salah satu candi peninggalan agama Buddha, candi bersejarah ini diperkirakan dibangun pada pertengahan abad ke 8 Masehi. Tokoh J.G. de Casparis mengatakan pendapat, bahwa candi ini dijadikan tempat penyimpanan abu jenazah Raja Indra (782-812 M), ayah Raja Samaratungga (792-835 M). Di ruangan candi diduga semula terdapat Arca Bodhisattva, sebagai penghormatan pada Raja Indra yang dianggap telah mencapai tataran Bodhisattva.

Peninggalan bersejarah ini berdiri di waktu yang bersamaan dengan candi yang lainnya seperti Candi Borobudur, Candi Mendut dan Candi Prambanan. Candi Pawon menurut sejarah telah ditemukan pertama kalinya pada akhir abad ke-19. Candi ini ditemukan sudah dalam keadaan hancur lebur dan ditumbuhi semak belukar yang sangat lebat. Perbaikan awal dilakukan tahun 1903, sedangkan pemugaran dilakukan sejak tahun 1897-1904.

Arsitektural bangunan candi ini dibedakan menjadi tiga bagian, kaki, tubuh dan atap candi. Tubuh candi dihiasi dengan arca-arca Bodhisattva, sementara itu pada bagian atap candinya terdapat stupa. Batur (kaki) setinggi 1,5 m berhias ornamen-ornamen bunga dan sulur-suluran. Candi ini menghadap ke arah barat dan memiliki satu bilik berukuran 2,65 m x 2,64 m dan tinggi 5,20 m.

Fasilitas Candi Pawon

Inilah beberapa fasilitas yang telah disediakan untuk pengunjung yang datang berlibur ke wisata yang candi bersejarah ini. Walaupun fasilitas yang disediakan oleh pengurus tempat ini masih belum lengkap, namun pengelola masih terus dilakukan pengembangan.

Pengelola wisata mangelang telah menyediakan beberapa fasilitas diantaranya area parkir untuk mobil dan sepeda motor, toilet dan penjual makanan yang berada di sekitar objek wisata. Tidak hanya itu, anda bisa duduk santai dan menikmati suasana di sekitar Candi Pawon.

Berkujung ke destinasi wisata ini akan terasa nyaman, lantaran di sekitar kawasan candi telah dibangun paving yang rapi dan bisa dijadikan tempat bersanti atau berfoto para wisatawan. Agar candi unik ini akan tetap terjaga pesonanya pengujung akan lebih baik jika mengunjungi tempat wisata ini selalu menjaga kesopanan dengan tidak membuang sampah sembarangan atau merusak fasilitas yang telah disediakan.

Harga Tiket Candi Pawon

Bagi anda yang tertarik untuk mengujungi wisata Indonesia yang satu ini, anda harus tau mengenai update terbaru harga tiket candi pawon. Nah untuk itu berikut ini akan tim Tanyaberita.com hadirkan ulasan terkini mengenai harga terbaru candi pawon minggu ini.

KeteranganHarga
Tiket MasukRp.10.000
Parkir MotorRp.2.000
Parkir MobilRp. 5.000

Demikian ulasan sejarah dan hal-hal mengenai tempat wisata Candi Pawon di Magelang yang dapat kami sampaikan. Berlibur ke tempat ini sangat cocok dilakukan bersama keluarga, tetangga atau teman kerja. Ditempat ini Anda bisa belajar banyak mengenai sejarah dari asal usul candi ini. Jangan sampai lupa juga untuk mengabadikan momen foto di Candi Pawon dan membagikannya ke sosial media seperti instagram untuk menarik perhatian wisatawan lainnya.