Ketahui 6 Keuntungan Bisnis Properti Bagi Pemula dan Kelemahanya

Ketahui 6 Keuntungan Bisnis Properti Bagi Pemula dan Kelemahannya

Salah satu bisnis yang paling banyak dicari di masa sekarang adalah bisnis properti. Bukan tanpa alasan, jika menengok pertumbuhan bisnis properti di Indonesia selalu meningkat pesat. Hal inilah banyak orang yang bermodal besar berani menggelontorkan uang tabungan untuk investasi jangka panjang tersebut.

Bagi seorang pemula yang ingin terjun dalam bisnis properti memang diperlukan ilmu dan pengalaman yang cukup agar tidak rugi. Namun saat ini sudah banyak ilmu investasi maupun mentor bisnis properti yang bisa didapatkan secara mudah baik online maupun offline. Lalu, apa itu investasi yang menguntungkan dan bagaimana cara memilih investasi yang tepat agar mendapatkan pasive income.

Sebelum melangkah untuk ikut andil dan berkecimpung dalam investasi properti, ada beberapa langkah-langkah penting yang bisa dijadikan sebagai dasar agar Anda tidak rugi. Sebab memang banyak oknum yang tidak bertanggung jawab memanfaatkan kesempatan tersebut. Nah, berikut mari kita ulas secara bertahap mengenai pengertian investasi lengkap dengan keuntungan dan kerugiannya.

Pengertian Investasi

Investasi merupakan aktivitas mengeluarkan modal baik itu berupa uang maupun aset yang berharga ke dalam suatu benda, investor maupun pihak lainnya dengan harapan akan dapat keuntungan yang lebih dalam waktu tertentu.

Bisnis properti adalah salah satu investasi yang paling dilirik karena mudah dipelajari. Bisnis bidang properti memiliki prospek yang bagus dan juga menjanjikan. Keuntungan yang didapatkan dari berbisnis properti selain mendapatkan pasif income juga memiliki risiko yang rendah.

Jika belajar dari cara orang tua zaman dahulu, cara berinvestasinnya adalah membeli barang-barang seperti perhiasan, tanah, kendaraan, barang antik dan lainnya. Namun, seiring dengan perkembangan jaman tentu inginnya investasi segera menghasilkan dalam jangka panjang dengan jumlah tinggi seperti investasi vertikal atau apartemen, perumahan, sewa ruko, kos-kosan dan yang lainnya.

Keuntungan Bisnis Properti

Keuntungan Bisnis Properti

1. Keuntungan yang Besar

Memilih bisnis properti sebagai investasi anda akan dituntut untuk mengeluarkan modal yang relatif besar. Namun jika melihat keberhasilan dari bisnis ini anda akan mendapatkan keuntungan yang besar. Sebab investasi properti memiliki prospek cerah dengan keuntungan semakin lama di diamkan akan semakin tinggi.

2. Resiko Terbilang Rendah

Keuntungan yang kedua dari properti ini memiliki risiko yang cenderung rendah. Meskipun instrumen investasi yang dipilih memiliki modal tertentu, Anda bisa mendapatkan keuntungan balik dari metode pembayaran angsuran berdasarkan keuntungan yang telah dibuat sebelumnya. Keuntungan lainnya adalah harga properti yang setiap tahunnya meningkat menjadi nilai lebih bahwa investasi properti memiliki risiko kerugian lebih kecil ketimbang modal yang dikeluarkan.

3. Aset Jangka Panjang

Properti adalah bisnis barang pasif yang bisa dikatakan sebagai aset. Bisa anda ketahui jika orang kaya memiliki banyak rumah dan tanah di mana-mana. Hal tersebut dijadikan peluang karena uang yang menganggur bisa bertambah nilainya jika diaplikasikan ke investasi tanah, ruko maupun properti lainnnya yang bisa diwariskan ke anak cucunya.

4. Cara Mengelola yang Mudah

Salah satu pilihan kenapa harus memilih investasi properti adalah karena pengelolaannya yang bebas. Anda tidak memerlukan banyak waktu dan biaya dalam mengurus properti tanah untuk mengeluarkan upah kepada pegawai.

Tanah bisa menghasilkan cuan bisa disewakan ataupun dibuat perkebunan yang menghasilkan. Dengan demikian anda tetap mendapatkan penghasilan tanpa perlu mengurus sendiri.

5. Bisa Diwariskan

Tak heran jika orang yang mempunyai dana lebih sering mengeluarkan tabungan untuk berinvestasi tanah maupun perumahan. Ada banyak keuntungan dan prospek yang cerah. Salah satu ciri-ciri orang melakukan bisnis properti tentu melihat nilai pasif income di masa mendatang untuk keturunannya.

Menambah aset properti untuk masa depan bisa dimulai saat masih muda. Hal ini dikarenakan masih belum mempunyai pengeluaran yang cukup tinggi. Pengeluaran tersebut diantaranya untuk biaya sekolah anak, biaya akomodasi, biaya rumah tangga maupun biaya lainnya.

Jika anda mempersiapkannya sedini mungkin maka di masa tua Anda bisa mengunduhnya. Meskipun terlihat klasik namun orang-orang zaman dulu berpedoman jika investasi properti mempunyai keuntungan yang signifikan.

6. Keuntungan Berlipat-lipat

Selain mudah dikelola dan memiliki risiko yang rendah, properti akan memberi keuntungan yang berlipat-lipat. Salah satu contoh kenapa bisnis properti mampu memberi keuntungan yang banyak adalah membuat apartemen vertikal, kos-kosan maupun ruko yang disewakan.

Tentunya dalam investasi properti memerlukan beberapa riset seperti pemilihan lokasi yang strategis. Kebutuhan akan tempat tinggal untuk menjadi salah satu kebutuhan setiap orang. Di zaman sekarang orang memilih hunian yang nyaman dan dekat dengan pekerjaan serta menyesuaikan budget.

Kelemahan Bisnis Properti

Setelah membaca beberapa keuntungan bisnis properti di atas tentu anda juga perlu membaca apa saja kekurangan dari bisnis tersebut. Hal tersebut bisa Anda gunakan sebagai pertimbangan sebelum mengambil langkah untuk berinvestasi.

1. Modal yang Besar

Perlu diketahui bahwa bisnis properti adalah sebuah bisnis yang perlu mengeluarkan modal yang cukup besar. Bahkan ketika anda memutuskan untuk investasi properti mengharuskan Anda mengeluarkan dana puluhan hingga ratusan juta bahkan milyaran. Untuk mengatasi hal ini mulailah berinvestasi dari yang modal kecil dahulu.

2. Biaya Perawatan

Jika anda mempunyai properti rumah ruko maupun kos-kosan Anda belum menyelesaikan dana untuk perawatan kedepannya. Hal ini dikarenakan semua instrumen tersebut pasti mengalami kerusakan. Untuk itu, siapkan juga biaya perawatan berkala agar bangunan tetap bagus dan terawat.

3. Tidak Bisa Dijual dengan Cepat

Tidak seperti barang elektronik seperti HP dan TV yang dijual dengan harga ratusan ribu yang dapat dijual dengan cepat. Properti memerlukan tenggang waktu penjualan yang relatif cukup lama. Disebabkan setiap orang memiliki keinginan dan kebutuhan yang berbeda.

4. Persaingan Tinggi

Tidak bisa dipungkiri walaupun bisnis properti mempunyai prospek yang bagus anda akan dipertemukan dengan banyak pesaing. Mulai dari penawaran dengan harga yang rendah sampai dengan berani menjual dengan harga yang bervariasi.

Keuntungan Investasi Bisnis Properti

Tentunya anda perlu menemukan beberapa strategi untuk menarik perhatian customer. Untuk memuluskan hal tersebut Anda memerlukan ilmu bisnis yang tepat.

Untuk mengasah kemampuan dalam bidang bisnis properti agar mendatangkan cuan yang besar sebaiknya anda belajar ke ahlinya. Bisnis investasi properti memerlukan trik yang benar dan untuk mengasah kemampuan bisa dibangun dengan investasi leher ke atas dan mentor yang tepat.

Pastinya menyenangkan memiliki bisnis yang mampu memberikan pasif income yang bisa dinikmati dikemudian hari. Jika Anda membutuhkan ilmu bisnis investasi silahkan gabung dengan program yang di sediakan di laman Pipohargiyanto.com. Anda akan mengikuti beberapa kelas penting cara mengelola investasi properti dari pemula sampai mahir. Semoga bermanfaat!