Cara Mengatasi Mual saat Hamil Secara Alami Tanpa Mengonsumsi Obat

8 Cara Mengatasi Mual saat Hamil Secara Alami Tanpa Mengonsumsi Obat

TANYABERITA.COM – Apakah Anda saat ini sedang hamil? Anda yang sedang hamil bisa saja akan mengalami perut mual. Mual selama kehamilan adalah salah satu hal yang sangat mengganggu dan merupakan keluhan tentang gejala yang dilaporkan banyak wanita, serta dapat membuat perasaan tidak nyaman.

Bahkan, tercatat sampai 70 persen ibu hamil mengalami mual di beberapa titik selama awal kehamilan. Tidak hanya diketahui sebagai salah satu tanda awal kehamilan, tetapi merupakan gejala yang umum sepanjang trimester pertama, dan kadang-kadang bahkan lebih lama.

Cara Alami Mengatasi Mual saat Hamil

Berikut ini adalah beberapa cara alami untuk mengatasi mual saat hamil tanpa mengonsumsi obat yang TanyaBerita.com sarikan dari berbagai sumber, Jumat (05/03/2021), antara lain:

1. Istirahat yang Cukup

Bila Anda sedang hamil, Anda memang disarankan untuk memiliki banyak waktu istirahat. Istirahat akan membuat tubuh Anda rileks dan meminimalisir gejolak hormon yang dapat menyebabkan perut mual.

2. Makan Porsi Kecil Lebih & Sering

Tidak makan bisa memperburuk mual. Untuk menghindari perut kosong, cobalah makan dengan porsi kecil dan lebih sering daripada tiga kali makan besar setiap hari.

Untuk mengurangi mual di pagi hari, cobalah menempatkan beberapa biskuit, roti kering, atau sereal di samping tempat tidur Anda sehingga Anda dapat makan dalam jumlah kecil segera setelah Anda bangun.

3. Konsumsi Jahe

Penelitian menunjukkan bahwa jahe dapat membantu mengatasi sakit perut. Cobalah teh jahe, kunyah jahe, pengawet jahe, atau bir jahe yang dibuat dengan jahe asli. Mengonsumsi kapsul yang mengandung 250 mg jahe empat kali sehari juga dapat membantu.

4. Haindari Makanan Tertentu

Cobalah untuk menghindari makanan berlemak dan berminyak, makanan yang sangat manis, makanan pedas, dan makanan yang menghasilkan gas.

Beberapa wanita telah melaporkan bahwa protein tinggi, karbohidrat-berat, asin, rendah lemak, hambar, dan/atau makanan kering, yakni kacang-kacangan, kerupuk, roti panggang, dan sereal lebih kecil kemungkinan menyebabkan mual.

Anda juga dapat memerangi mual saat makan dengan memisahkan makanan dan minuman atau hindari minum saat Anda makan.

5. Hindari Bau yang Kuat

Salah satu hal terbaik yang dapat Anda lakukan adalah menghindari pemicu lingkungan, terutama aroma yang kuat. Jaga jarak Anda dari asap rokok, parfum, dan apa pun yang tampaknya memengaruhi Anda.

Ketika datang untuk memasak, lihat apakah orang lain dapat melakukan persiapan makanan. Jika Anda memasak, buka jendela untuk meminimalkan bau masakan.

6. Aromaterapi

Pada flipside, aroma mint, lemon, atau jeruk dapat membantu meringankan mual. Coba letakkan bola kapas atau tisu berisi minyak wangi di bawah hidung Anda.

Banyak yang lebih suka pendekatan bola kapas daripada menyemprotkan aroma ke udara karena Anda dapat dengan cepat membuang kapas dan baunya jika itu membuat Anda mual.

7. Olahraga Ringan

Beberapa wanita menemukan bahwa olahraga membantu gejala mereka. Cobalah berjalan-jalan ekstra di siang hari, berenang, atau mengikuti kelas yoga pralahir. Olahraga ringan sangat dianjurkan selama kehamilan, tetapi selalu berkonsultasi dengan dokter Anda sebelum memulai rutinitas olahraga baru atau secara dramatis meningkatkan tingkat kebugaran Anda.

8. Cukup Minum Air Putih

Minum air putih akan membuat tubuh Anda tetap terhidrasi dengan baik. Usahakan untuk mencukupi asupan air putih setiap hari sebanyak 6 – 8 gelas dan kurangi minum teh dan kopi.

Meskipun mual saat hamil bisa sangat mengganggu dan membuat Anda tidak nyaman, kabar baiknya adalah bahwa itu tidak berbahaya bagi Anda atau bayi. Sering kali hanya dianggap sebagai indikasi kehamilan yang sehat. Mual adalah bagian penting dari keprihatinan umum yang disebut morning sickness.