Cara Menyembuhkan Diare secara Alami, Ampuh dan Efektif

5 Cara Menyembuhkan Diare secara Alami, Ampuh dan Efektif

TANYABERITA.COM – Diare merupakan salah satu penyakit yang sering dialami oleh orang Indonesia. Meskipun penyakit ini umumnya tidak berbahaya, tetap saja diare bisa sangat mengganggu dan meresahkan. Apalagi jika tidak kunjung reda dan sembuh.

Ketika Anda terserang diare, maka umunnya akan melakukan buang air besar (BAB) akan lebih sering daripada biasanya. Di samping itu, diare biasanya akan ditandai dengan kondisi feses yang lebih encer dari biasanya. Diare bisa terjadi pada siapa saja tanpa pandang usia, mulai dari balita hingga orang dewasa.

Umumnya, penyakit diare akan berlangsung beberapa hari saja (diare akut), tetapi dalam kasus tertentu dapat bertahan sampai berminggu-minggu (diare kronis). Karena itulah Anda perlu mengetahui aneka cara untuk mengatasi diare agar segera sembuh.

Cara Alami Mengatasi Diare

Berikut ini adalah cara alami untuk mengatasi diare yang TanyaBerita.com rangkum dari berbagai sumber, Sabtu (06/03/2021) antara lain:

1. Banyak Minum Air Bersih

Cara alami untuk mengatasi diare yang pertama adalah dengan meminum air bersih dalam jumlah banyak. Pada kasus yang tidak terlalu parah, gejala penyakit diare dapat membaik dengan sendirinya dalam beberapa hari.

Akan tetapi, bagi beberapa orang lainnya, diare yang diderita mungkin lebih berat. Hal ini karena terjadinya dehidrasi yang disebabkan karena terlalu banyak cairan keluar dari tubuh melalui buang air besar yang terlalu cair dan sering pada saat diare.

Anda bisa mencukupi cairan tubuh dengan air putih yang bersih dan sehat, kaldu, ataupun oralit agar diare Anda segera sembuh.

2. Hindari Makanan Pemicu Diare

Cara menyembuhkan diare secara alami berikutnya adalah dengan menghindari jenis makanan yang dapat memicu timbulnya diare. Perbanyak asupan makanan yang lunak, tinggi protein dan rendah serat. Hindari berbagai makanan yang sulit dicerna agar gejala diare tidak semakin memburuk.

Secara umum, berikut beberapa makanan yang harus Anda hindari sebagai cara mengatasi diare:

  • Makanan padat/ keras, pedas, berlemak, berminyak, mentah, berserat tinggi, dan banyak bumbu.
  • Buah dan sayur yang mengandung gas.
  • Alkohol dan kafein, dan minuman lainnya yang mengandung pemanis buatan, setidaknya sampai 48 jam setelah semua gejala diare Anda menghilang.
  • Hindari mengonsumsi susu atau produk olahan selama 3 hari setelah gejala diare Anda hilang. Namun, Anda bisa memakan keju atau yogurt yang mengandung probiotik.
  • Mencampur banyak kelompok makanan dalam sekali makan juga bisa memicu diare pada sebagian orang.
  • Mencampur makanan seperti ini bisa menyebabkan masalah karena sebagian jenis makanan (daging contohnya) harus dicerna lebih lama dibandingkan makanan lain (misalnya buah).

3. Konsumsi Probiotik

Cara alami untuk mengatasi diare yangketika adalah dengan konsumsi probiotik. Adapun probiotik itu sendiri merupakan sumber bakteria baik yang bekerja di saluran usus untuk membuat lingkungan usus sehat.

Selain itu, probiotik juga dapat menjaga kesehatan usus agar terhindar dari infeksi. Lebih dari itu, probiotik juga dapat membantu mengatasi diare dengan menyeimbangkan bakteri di usus.

4. Masak Bahan Makanan Hingga Matang Sempurna

Cara alami untuk mengatasi diare yang keempat adalah dengan memasak bahan makanan yang akan dikonsumsi hingga matang sempurna. Pasalnya, diare juga bisa disebabkan oleh kontaminasi bakteri melalui makanan. Biasanya hal ini terjadi pada bahan daging.

5. Konsumsi Makanan & Minuman Alami

Cara sehat alami untuk mengatasi diare yang terakhir adalah dengan mengonsumsi makanan dan minuman dari bahan alami. Pasalnya, obat alami dari tanaman dapat juga dijadikan alternatif sebagai cara pencegahan diare.

Lebih dari itu, efek samping obat seperti ini biasanya jauh lebih sedikit bagi tubuh. Anda bisa mengonsumsi daun tanaman tertentu yang kaya akan kandungan tanin. Misalnya saja daun blackberry, blueberry, hingga raspberry.

Demikianlah beberapa tips untuk mengobati penyakit diare dengan bahan-bahan dan cara alami, sehingga diare yang Anda derita diharapkan bisa cepat sembuh. Namun jika diare tidak juga mereda, sebaiknya Anda segera berkonsultasi dengan dokter agar mendapatkan penanganan medis yang tepat.