Harga Pupuk Subsidi dan Non Subsidi Terbaru

Daftar Harga Pupuk Subsidi & Non-Subsidi Terbaru Desember 2022 Petani Bahagia Hasil Panen Meningkat

TANYABERITA.COMInformasi Update Daftar Harga Pupuk Subsidi, Non-Subsidi, dan Organik yang banyak di cari Petani saat Musim Tanam.

Harga pupuk di pasaran cukup stabil belakangan ini namun tidak bisa dipungkiri mungkin dapat mengalami beberapa perubahan yang tidak bisa diprediksi sebelumnya. Merawat sebuah tanaman yang dimiliki tidak bisa dianggap sepele. Perlunya merawat dengan memberi asupan terbaik salah satunya di pupuk dengan rutin.

Pupuk adalah asupan terbaik yang sangat dibutuhkan tanaman agar tumbuh subur. Sebelum membeli pupuk anda perlu mengetahui zat yang terkandung di dalamnya. Pupuk yang mempunyai kandungan unsur hara tinggi sangat baik untuk berbagai tanaman. Untuk jenis pupuk sendiri sangat bervariasi dan terbagi menjadi dua jenis yaitu pupuk organik dan pupuk kimia. Dan pupuk kimia sendiri terbagi menjadi dua sifat yaitu padat dan cair.

Pengertian Pupuk

Pupuk merupakan material yang ditambahkan pada tanaman maupun media lainnya untuk mencukupi kebutuhan hara yang sangat diperlukan tanaman untuk hasil produksi yang maksimal. Pengertian pupuk lainnya dari Balai Penelitian Tanah jika pupuk merupakan bahan unsur hara maupun nutrisi yang mampu menopang sebuah tumbuhan supaya mampu tumbuh dan berkembang.

Jenis pupuk terbagi menjadi 2 yaitu bahan organik dan non organik. Pupuk jika kita ibaratkan adalah hormon tumbuhan yang akan membantu proses metabolisme. Pupuk sangat penting untuk tanaman yang fungsinya sebagai nutrisi. Jika tumbuhan dan tanaman sering dipupuk maka akan tumbuh subur dengan cepat. Selain itu dengan pupuk yang cocok maka tanaman akan cepat menghasilkan. Fungsi pupuk lainnya dapat mencegah dan menangkal berbagai hama dan penyakit yang dapat merusak pertumbuhan tanaman.

Baca Juga: Harga Apel 1 kg Hari ini di Pasar & Swalayan

Tanaman agar tumbuh subur perlu dirangsang yaitu dengan menggunakan pupuk. Namun anda harus mengetahui prosesnya mulai dari pertumbuhan daun, batang, bunga dan akar supaya rimbun wajib menggunakan pupuk yang tepat. Agar produksi hasil tanaman anda baik pilih jenis pupuk yang direkomendasikan yaitu pupuk organik yang terbukti mampu meningkatkan produktivitas dalam bidang pertanian serta meningkatkan hasil kuantitas.

Tak ayal jika pupuk bersubsidi maupun non subsidi menjadi rebutan para petani. Karena fungsinya sangat vital berapapun harga pupuk dibayar oleh para petani. Beberapa waktu lalu harga pupuk subsidi dan nonsubsidi sempat melambung. Bahkan pada beberapa kesempatan lainnya jenis pupuk subsidi dan pupuk non subsidi sempat langka. Tentunya hal ini membuat petani merana.

Manfaat Pupuk

Berikut akan kami paparkan beberapa Manfaat Pupuk untuk tanaman agar tumbuh subur.

1. Pengganti Unsur Hara

Manfaat pupuk yang pertama yaitu dapat mengoptimalkan pertumbuhan setiap tanaman yang anda tanam. Pupuk adalah pengganti dan dapat memperbaiki unsur hara pada tanah yang sempat hilang. Unsur hara mempunyai peranan penting yang dapat mempengaruhi proses oksidasi dan reduksi tanah. Selain itu unsur hara juga mengatur kadar asam untuk menyusun jaringan pada tanaman.

2. Memberikan Nutrisi Tanaman

Tanaman memerlukan nutrisi agar tumbuh subur. Seperti layaknya manusia yang selalu memerlukan gizi agar tubuhnya sehat dan tumbuh dengan baik. Anda dapat menggunakan jenis pupuk NPK dengan kandungan nitrogen supaya tumbuhan dapat tumbuh dengan baik.

Jika tanaman Anda kerdil atau menguning berarti tumbuhan tersebut mengalami kekurangan nitrogen. Untuk itu jika hal tersebut terjadi pada tanaman Anda Anda perlu memupuk tanaman tersebut dengan jenis pupuk NPK.

3. Mengurangi Pencemaran Lingkungan

Disarankan para petani untuk menggunakan pupuk organik pada tanamannya. Selain berdampak baik pada lingkungan pupuk organik juga sangat berperan untuk menjaga kesuburan tanah. Pupuk organik dapat mengubah karbondioksida menjadi bahan organik.

Untuk mendapatkan pupuk organik Anda dapat memproses nya sendiri dari beberapa bahan kotoran hewan tumbuhan mati daun-daun kering serta bahan-bahan lain yang berasal dari limbah organik.

Pada kesempatan sebelumnya kami telah membuat artikel mengenai Harga Kopi Per Kg Mulai Robusta Hingga Arabica yang mungkin anda berkenan membaca.

4. Mempercepat Hasil Produksi

Jika ingin tanaman Anda cepat menghasilkan saran terbaik adalah memberikan asupan pupuk organik. Para petani yang menggunakan pupuk organik sudah membuktikan bahwa hasil panen meningkat pesat.

5. Menyingkirkan Hama

Rutin memberikan pupuk pada tanaman akan menghindarkan dari beragam penyakit maupun hama yang sering menghinggapi tanaman. Pupuk dengan kandungan kalium mampu meningkatkan daya tahan tanaman sehingga dapat tumbuh subur dan menghasilkan tumbuhan yang yang bagus. Saat Anda menemukan hasil tanaman yang baik tidak bisa dipungkiri bahwa tanaman tersebut rajin dipupuk.

Fungsi Pupuk

Akan kami paparkan beberapa fungsi dari beberapa jenis pupuk mulai dari pupuk NPK, Urea, Organi, pupuk ZA, pupuk KCL dan pupuk SS.

1. Pupuk NPK.

Pupuk NPK dapat membantu pertumbuhan tanaman agar berkembang secara maksimal. Adanya unsur hara didalam pupuk NPK memiliki peran yang berbeda dalam membantu pertumbuhan tanaman. Ketiganya merupakan unsur hara makro primer karena paling banyak dibutuhkan oleh tanaman. Unsur N (Nitrogen).

2. Pupuk Urea

Pupuk Urea berfungsi sebgai pemasok unsur Nitrogen yang sangat dibutuhkan oleh tanaman. Berbentuk butiran putih curah (prill) yang mudah larut dalam air dan mudah menyerap air (Higroskopis) maka dari itu butuh peanganan khusu dalam penympananya.

3. Pupuk Organik

Pupuk ini mempunyai fungsi sangat vital untuk tanah dapat membantu mencegah terjadinya erosi lapisan atas tanah yang merupakan lapisan mengandung banyak hara. Pemakaian pupuk organik juga berperan penting dalam merawat/menjaga tingkat kesuburan tanah yang sudah dalam keadaaan berlebihan pemupukan dengan pupuk anorganik/kimia dalam tanah.

4. Pupuk ZA

Pupuk jenis kimia ini terbuat dari amonium sulfat yang dirancang untuk memberi tambahan hara nitrogen dan belerang bagi tanaman.

Baca juga: Daftar Harga Kambing Idul Adha dan Aqiqah

5. Pupuk KCL

Jenis pupuk KCL akan membuat tanaman lebih tahan terhadap risiko terjadinya stres serta kekeringan. Ketika tanaman stres dan kekeringan, hal itu dapat menyebabkan tanaman mati sebelum menghasilkan buah.

6. Pupuk SS (Superstikpos)

Pupuk SS merupakan pupuk Mono Amonium Phospat dengan rumus NH4(H2PO4) dimana kandungan Nitrogennya 16%, Phospor 20% dan Belerang 12%.

Harga Pupuk Subsidi Terbaru

Simak beberapa harga pupuk subsidi yang banyak dijual dipasaran saat ini sebagai bahan rujukan sebelum membeli pupuk.

Baca Juga : Daftar Harga Buah Per Kg Terbaru di Indonesia

Harga Pupuk Subsidi Terkini:

  • Pupuk Urea 90.000 per 50 kg
  • Pupuk ZA 70.000 per 50 kg
  • Pupuk SP-36 100.000 per 50 kg
  • Pupuk NPK 115.000 per 50 kg
  • Pupuk Organik 20.000 per 40 kg
  • Pupuk NPK Formula Khusus 150.000 – (3.000 per kg)

Harga Pupuk Subsidi lainya :

Jenis Pupuk Subsidi Harga (Rp)
Pupuk Urea 112.500 per 50 kg (2.250 per kg)
Pupuk ZA 85.000 per 50 kg (1.700 per kg)
Pupuk SP-36 120.000 per 50 kg (2.400 per kg)
Pupuk NPK 115.000 per 50 kg (2.300 per kg)
Pupuk Organik 32.000 per 40 kg (800 per kg)
Pupuk NPK Formula Khusus 165.000 per 50 kg (3.300 per kg)

Harga pupuk subsidi perlu Anda update setiap ingin membelinya sebab hampir setiap tahun mengalami perubahan jika anda tidak melihatnya dahulu takutnya Anda kecewa dan kurang membawa uang saat membelinya di balai toko pupuk. Pada tahun 2019 harga pupuk subsidi ditaksir 500 sampai 2300 per kilo. Di tahun 2020 harga pupuk subsidi jenis SP 36 jam per kilo nya dijual 2300. Untuk jenis pupuk NPK formula dijual dengan harga 3.000 per kilo.

Dan pada tahun 2001 itu harga pupuk subsidi mengalami kenaikan namun untuk harganya tidak terlalu jauh dibandingkan pada tahun 2020.

Sebagai informasi, jika harga pupuk bersubsidi diatur oleh pemerintah supaya pembagianya dapat merata. Pupuk bersubsidi kini sudah dijual di tempat-tempat yang mempunyai tempat khusus dengan label.

Harga Pupuk Non Subsidi Terbaru

Laman tanyaberita.com akan memaparkan harga pupuk subsidi dan non subsidi yang telah kami kumpulkan dari berbagai sumber sebagai pembanding saat ingin membeli pupuk. Harga pupuk non subsidi juga mengalami perubahan setiap tahunnya, kita mulai pada tahun 2019 pupuk non subsidi dijual rp150.000 per 50 kilo untuk jenis pupuk Phonska plus harganya rp8.000 per kilo atau 400000 per 50 kilo. Jenis pupuk Gemari dibandrol Rp.90.000 per liter.

Baca juga:

Harga Pupuk Non-Subsidi:

Jenis Pupuk Non-Subsidi Harga (Rp)
Pupuk Urea Non-subsidi 355.000 per 50 kg
Pupuk SP-36 Non-subsidi 340.000 per 50 kg
Pupuk ZA Non-subsidi 295.000 per 50 kg
Pupuk NPK Mutiara Non-subsidi 575.000 per 50 kg
Pupuk NPK Pak Tani Non-subsidi 650.000 per 50 kg
Pupuk KCL Mahkota Non-subsidi 550.000 per 50 kg
Pupuk GEMARI (cair) 156.000 per liter
Pupuk ZK 27.000 per kg

Jenis harga pupuk non-subsidi berkisar Rp. 150. 000 hingga Rp. 500.000 jika ingin membeli per 50 kg. Selanjutnya pada pupuk organik pada tahun 2020 harga pupuk organik kascing yang dijual RP7.500 kini naik menjadi RP10.000 per kilo. Untuk pupuk organik merk green Lembang pun mengalami kenaikan semula dijual RP12.000 naik menjadi RP19.000 per 3 kilo.

Harga Pupuk Organik

Berikut akan kami sajikan daftar harga terkini pupuk Organik yang dijual di pasaran sekarang.

Jenis Pupuk Organik Harga (Rp)
Pupuk Organik Kascing per kg 10.000
Pupuk Organik Media Tanam SR 3 kg 25.000
Pupuk Kompos Green Organo 3 kg 29.000
Pupuk Kandang Green Lembang kemasan 3 kg 19.000

Baca juga:

Pertanyaan Seputar Pupuk

1. Berapa harga pupuk ZA bersubsidi?

  • Pupuk Urea Non-subsidi 295.000 per 50 kg
  • Pupuk SP-36 Non-subsidi 250.000 per 50 kg
  • Pupuk ZA Non-subsidi 150.000 sampai dengan 295.000 per 50 kg
  • Pupuk NPK Mutiara Non-subsidi 500.000 per 50 kg
  • Pupuk NPK Pak Tani Non-subsidi 650.000 per 50 kg
  • Pupuk KCL Mahkota Non-subsidi 400.000 per 50 kg
  • Pupuk GEMARI (cair) 130.000 per liter
  • Pupuk ZK 21.000 per kg

2. Kenapa pupuk non subsidi Mahal?

Kenaikan harga pupuk non subsidi disebabkan oleh melonjaknya harga berbagai komoditas dunia seperti amonia, phosphate rock, KCL, gas dan minyak bumi karena pandemi, krisis energi di Eropa serta adanya kebijakan beberapa negara yang menghentikan ekspornya

3. Berapa harga pupuk Urea 1 sak?

Hharga pupuk Urea kemarin mencapai Rp560.000 per sak. Harga pupuk kini kembali normal yakni Rp265.000 hingga Rp285.000 per sak.

Harga pupuk diatas sangat fluktuatif dan dapat mengalami perubahan setiap saat. Pantau terus perubahan harga pupuk setiap saat di laman tanyaberita.com. Baca juga harga selada merah dan keriting hidroponik per 1 Kg terbaru di pasaran Indonesia.