Tips Membuat Konten Instagram yang Menarik dan Menjual

5 Tips Membuat Konten Instagram yang Menarik dan Menjual. Perhatikan Dulu!

Instagram menjadi salah satu media sosial dengan jumlah pengguna terbesar di dunia. Karena alasan ini, Instagram menjadi salah satu tempat yang sangat potensial untuk melakukan promosi brand maupun produk. Nah untuk melakukan promosi di Instagram, penting untuk mengetahui bagaimana cara membuat konten yang menarik dan pastinya menjual.

Karena Instagram merupakan media sosial yang memang mengedepankan konten, pebisnis harus bisa mengikuti atau bahkan menciptakan tren dan juga terus membuat konten secara konsisten dan berkelanjutan. Karena itu, penting untuk pebisnis mengetahui tips membuat konten Instagram yang menarik. Yuk langsung simak penjelasan lengkapnya di bawah ini!

1. Buat Tujuan Pembuatan Konten

Hal mendasar yang kadang lupa dilakukan adalah menentukan tujuan pembuatan konten. Maksudnya, harus menentukan dulu goals yang ingin dicapai dengan membuat konten di Instagram adalah hal yang mendasar. Goals akan membantu untuk fokus dan konsisten. Tujuan disini bisa bermacam-macam. Mulai dari mendapat interaksi, meningkatkan followers, brand awareness sampai meningkatkan penjualan.

2. Tentukan Look dan Voice Konten

Jika sudah punya tujuan, tugas selanjutnya yang harus dilakukan adalah menentukan look serta voice pada konten. Look adalah tampilan dan voice adalah karakter yang mewakili brand. Dua hal ini harus ditentukan di awal karena akan menjadi image bagi sebuah brand.  Jika diterapkan,tampilan konten Instagram akan terlihat rapi dan terkesan profesional.

3. Manfaatkan Semua Jenis Konten Instagram

Instagram punya 3 konten utama yang populer di kalangan pengguna. Jenis konten ini antara lain feed, story dan reels atau video pendek. Nah karena punya bentuk konten yang cukup beragam, banyak pemilik brand yang menggunakan jasa kelola Instagram agar punya semua jenis konten agar konten nggak monoton. Untuk konten feed bisa berbentuk carousel edukasi brand, Instagram story bisa berbentuk single post untuk promosi dan reels bisa dipakai untuk konten hiburan.

4. Selalu Perhatikan Penulisan

Menulis adalah awal dari semua jenis konten. Karena itu, untuk membuat konten yang menarik di Instagram, memperhatikan penulisan adalah sebuah kewajiban. Dengan penulisan yang baik, informasi konten akan bisa tersampaikan dengan maksimal. Beberapa teknis penulisan yang harus diperhatikan antara lain headline konten, isi konten dan terakhir caption. Semua hal di atas itu wajib matang dulu sebelum menjadi konten.

5. Membuat Jadwal atau Kalender Konten

Tips terakhir adalah membuat jadwal posting atau kalender konten. Kalender akan membantu untuk lebih konsisten dan keteraturan jadwal posting setiap hari. Karena konsisten adalah kuncinya, maka membuat kalender konten jadi sangat penting. Jika setiap hari posting, audiens juga akan menilai keseriusan, profesionalitas dan keaktifkan brand. Hasilnya, akan terjadi banyak interaksi terhadap konten dan akun.

Nah itulah 5 tips membuat konten Instagram yang menarik. Instagram ini menjadi sesuatu yang penting dan merupakan bagian dari social media marketing dari sebuah layanan jasa kelola instagram murah. Akhir kata, semoga saja aritkel ini bisa membantu pebisnis online mengelola dan mengembangkan akun Instagramnya.