Cara Menghilangkan Karang Gigi Secara Alami, Mudah dan Ampuh

6 Cara Menghilangkan Karang Gigi Secara Alami, Mudah dan Ampuh

TANYABERITA.COM – Kesehatan gigi dan mulut merupakan sesuatu yang sangat penting. Ketika gigi tidak dibersihkan dengan baik dan teratur, maka kotoran dari sisa-sisa makanan tersebut akan menempel dan bertahan di sela-selanya, atau disebut juga dengan plak gigi.

Semakin lama plak gigi yang kian menumpuk dam tidak dibersihkan secara sempurna, maka akan mengeras dan menjadi karang gigi. Kondisi lebih parah, karang gigi bisa menjalar dan menyebabkan radang pada gusi.

Bukan hanya itu, munculnya karang gigi juga dapat mengganggu penampilan serta dapat meruntuhkan rasa kepercayaan diri bagi penderitanya. Selain membuat gigi menjadi terlihat kotor, karang gigi juga bisa memicu munculnya bau mulut tidak sedap sehingga akan membuat orang-orang di sekitar Anda merasa tidak nyaman.

Cara Alami Hilangkan Karang Gigi

Untuk itu Anda membutuhkan tips mengatasi masalah plak gigi secara alami sebagai solusinya. Disarikan dari beberapa sumber, Sabtu (20/02/20121) berikut ini merupakan beberapa cara alami untuk menghilangkan karang gigi yang ampuh dan mudah dilakukan.

1. Rajin Menyikat Gigi

Cara menghilangkan plak gigi secara alami yag pertama adalah dengan rajin menggosok gigi secara teratur minimal 2 kali sehari. Bukan bahnya menghilangkan, kebiasaan menggosok gigi secara teratur juga dapat mencegah munculnya karang gigi. Tetapi perlu diperhatikan, menggosok gigi rutin saja tidak cukup. Gosok gigi juga harus dilakukan dengan benar supaya gigi bersih sempurna.

Menggosok gigi yang benar, tidak boleh dilakukan secara cepat dan terburu-buru. Idealnya gosok gigi dilakukan selama dua menit, dengan melakukan gerakan memutar dan menjangkau di setiap sela-sela gigi. Lebih mudahnya, dilakukan dengan menggunakan sikat dengan bulu yang lembut dan ramping supaya dapat membersihkan sisa-sisa kotoran hingga ke sela-sela gigi.

2. Gunakan Pasta Gigi Berflouride

Tips selanjutnya untuk mengatasi masalah karang gigi adalah dengan menggunakan pasta gigi berflouride. Pasta gigi yang baik adalah yang mengandung fluoride. Kandungan ini dapat memperkuat lapisan enamel gigi serta dapat mengurangi risiko pembusukan akibat makanan dan minuman asam.

Lebih dari itu, kandungan fluoride juga berguna untuk membantu proses perbaikan gigi yang rusak secara alami. Dengan memperhatikan hal ini, cara menghilangkan karang gigi bisa dilakukan lebih efektif.

3. Gunakan Benang Gigi

Tidak hanya menggosok gigi dengan baik dan benar, flossing juga bisa menjadi pilihan cara menghilangkan karang gigi secara alami. Flossing merupakan teknik atau cara membersihkan gigi dengan menggunakan benang. Cara ini dipercaya efektif dalam membersihkan plak gigi karena dapat menjangkau sela-sela gigi dengan baik.

Untuk melakukan cara ini, sebaiknya menggunakan benang yang halus dan disesuaikan dengan kondisi gigi dan gusi. Lebih baiknya, bagi anda yang tertarik mencoba cara ini, konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter mengenai bahan apa yang cocok serta bagaimana melakukan teknik yang aman.

4. Pakai Obat Kumur (Mouthwash)

Cara menghilangkan karang gigi selanjutnya adalah dengan berkumur menggunakan mouthwash. Cara ini sangat efektif membersihkan sisa makanan dan membunuh bakteri pada area gigi yang sempit.

Saat sudah banyak produk-produk pembersih mulut dengan berbagai kandungan yang mampu memberikan hasil maksimal. Anda bisa dengan mudah membelinya di mini marker hingga supermarket. Untuk hasil yang memuaskan, lakukan cara ini setelah menyikat gigi atau melakukan flossing.

5. Hindari Makanan & Minuman Manis

Untuk meminimalisir munculnya karang gigi, bisa dilakukan dengan mengurangi atau menghindari makanan dan minuman yang manis. Pasalnya, bakteri akan cepat tumbuh pada makanan dan minuman yang memiliki rasa manis. Dalam hal ini bakteri akan dengan mudah melepaskan zat asam yang kemudian dapat merusak gigi.

Untuk itu, perlu mengurangi bahkan kalau bisa lebih baik menghindari makanan dan minuman manis. Jika memang masih sesekali mengonsumsinya, perlu diimbangi dengan konsumsi air putih yang banyak, berkumur dan menyikat gigi sesudahnya.

6. Hentikan Kebiasaan Merokok

Kebiasaan merokok tidak hanya dapat memberikan dampak buuk bagi kesehatan, namun juga diketahui dapat memunculkan karang gigi dan noda coklat kehitaman pada gigi dan sela-sela gigi. Hal ini tidak lain disebabkan oleh zat-zat yang terdapat dalam rokok tersebut. Bahkan karang gigi yang ditimbulkan akibat kebiasaan merokok lebih sulit dihilangkan dibandingkan karang gigi yang berasal dari sisa-sisa makanan.

Untuk itu sebagai salah satu cara menghilangkan karang gigi, perlu mengurangi bahkan sebisa mungkin menghindari serta menghentikan kebiasaan buruk yang tidak bermanfaat ini.

Itulah beberapa cara mengatasi karang gigi dengan memanfaatkan bahan-bahan alami. Jika masalah plak gigi Anda tidak juga terselesaikan, maka sebaiknya Anda segera berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan medis yang baik dan benar.