Harga Porang Basah Kering Per Kilo Terbaru

Harga Porang Basah & Kering per Kilo Terbaru Oktober 2022

TANYABERITA.COM – Informasi seputar Harga Porang Basah dan Kering per 1 kg saat ini lengkap dengan manfaatnya. Anda yang tinggal di Surabaya dan sekitarnya yang sedang mencari update harga porang saat ini bisa membaca lebih aktual grafik penjualannya di laman Tanyaberita.com. Porang menjadi trending topik saat ini di kalangan petani karena menarik perhatian dengan harganya yang melambung tinggi. Porang menjadi salah satu komoditas tanaman ekspor Indonesia ke luar dengan dengan harga yang fantastis.

Banyak orang berpaling memulai agribisnis porang karena mempunyai nilai keuntungan tersebut. Porang banyak sekali manfaatnya yang jarang diketahui. Harga Ekspor Porang ditengarai mampu mengangkat perekonomian para petani umbi-umbian. Dengan Ekspor porang dan permintaan pasar yang tinggi, tak ayal orang-orang berbondong-bondong mencari bibit porang untuk di tanam di kebun atau lahan kosong.

Prediksi harga porang di Indonesia bisa dibilang akan mengalami kenaikan seiring dengan permintaan pasar yang melonjak. Beberapa waktu lalu banyak petani porang viral pernah memberikan penyuluhan viral mengenai budidaya tanaman porang. Potensi penjualan porang yang kian melonjak membuat banyak orang beraling profesi. Benar saja, Jika budidaya tanaman porang cukup mudah dan perawatanya pun tidak terlalu tinggi seperti bertani padi, bawang maupun cabe.

Baca Informasi Menarik Lainya:

Di Jawa Timur harga porang menjadi perbincangan hangat setiap hari di warung-warung. Sejak pamor harga porang yang meningkat dari beberap petani porang asal Madiun dan Surabaya, HARGA PORANG DAN BIBIT PORANG kian dicari baik di media sosial maupun di internet. Kementan pun juga fokus mengembangkan potensi tanaman porang ini. Pasar ekspor yang luas dan permintaan yang menjanjikan dan dinilai dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat serta pertumbuhan ekonomi secara nasional.

Manfaat Porang

Manfaat Porang

Saatnya anda mulai meikirkan masa depan yang lain dengan membuat lubang pemasukan salah satunya dengan mencoba bisnis agrobisnis porang. kenali beberapa manfaat Umbi Porang yang jarang diketahui yang kami kutip dari salah sumber di laman internet.

  1. Kandungan glucomannan pada umbi porang, yang berbentuk gel inilah dapat dimanfaatkan sebagai pengganti gel yang pada isolator listrik.
  2. Sebagai bahan salah satu campuran untuk kosmetik.
  3. Untuk farmasi, umbi porang yang diolah dapat menjadi pengikat formulasi tablet obat.
  4. Sebagai bahan campuran untuk beberapa hasil industri seperti cat, perekat kertas, kain katun sampai wol.
  5. Untuk bahan makanan, di Jepang untuk bahan campuran makanan bahkan umbi porang bisa mengurangi kadar kolesterol.

Baca Juga: 

Salah satu tanaman primadona ini kini kian meroket harga sebanding dengan manfaat yang diberikan. Mungkin anda berminat untuk menjadi pebisnis porang. Manfaat daun porang dan tepung porang saja tidak cukup karena harus di olah ke berbagai olahan lainya.

Ciri-ciri Porang

Ingin tahu cara membudidayakan tanaman porang? Pertama belajar dulu pengetahuan cara membedakan dengan tanaman suweg dan porang sebab memiliki karaktersitik hampir sama. Inilah ciri-ciri umbi tanaman porang yang asli alias original:

  • Warna daging umbinya kuning dan mendekati oranye.
  • Bagian permukaan kulitnya berwarna coklat kehitaman.
  • Dilihat dari bentuk fisik umbi porang terlihat adanya serat-serat halus.
  • Permukaan porang lebih halus selain itu tidak memiliki bintil.
  • Memiliki kandungan glucomanan, yang sangat banyak dibutuhkan di Industri.
  • Memiliki berat minimal 2 kg setiap panennya dan biasanya bisa lebih.

Yang baru viral kemarin petani porang asal Madiun yangng meraup keuntungan ratusan juta karena memilihi jaringan serta lahan yang luas. Potensi penjualan porang yang tinggi, bagi pemula mencari ilmu budidaya dan cara jual porang ataupun berguru ke petani porang pun melonjak.

Baca Juga: Limit Transaksi Rp250 juta per hari dengan Banking KlikBCA 

Jenis Porang

Prediksi Harga Porang

Berikut adalah beberapa jenis-jenis umbi porang yang mempunyai nilai jual tinggi dikalangan umbi-umbian lainya. Beberapa jenis porang dijual dngan harga berbeda sebab melalui pengolahan cukup detail dan ada yang tidak di olah.

1. Porang Basah

Porang basang merupakan porang yang dijual dalam kondisi masih basah dan irisan setelah masa panen. Beberapa petani memang memilih menjual porang dalam kondisi basang karena sudah di pesan olah pembeli.

Namun harga porang basang masih tetap tinggi meskipun harga porang kering dirasa mempunyai harga lebih karena melewati proses pengeringan dan waktu cukup lama.

Baca Juga:

2. Porang Kering

Seperti yang kita bahas diatas, jika porang basah adalah proses dari pemanenan langsung. jika porang kering adalah proses selanjutnya yang sudah dikeringkan di bawah terik matahari. Memang proses pengeringan cukup lama tergantung terik panas yang didapatkan.

Untuk harga porang kering per kilo tentu lebih tinggi ketimbang porang basah yang tanpa melewati proses. Hegitupun dengan harga jagung kering pipil kering jauh lebih mahal ketimbang harga jagung tebasan tanpa di keringkan.

Harga Porang Basah & Kering Terbaru Bulan Ini

Harga Porang Per Kilo

Selanjunya akan kami paparkan harga porang kering dan harga porang basah hari ini, minggu ini dan bulan ini di pasarang. Harga Umbi Porang Basar per kilonya dipasaran ditaksing mencapai RP.10.000 – Rp. 13.000, Sedangkan harga porang kering per kilo dibandrol mencapai Rp. 55.000 sampai Rp.65.000 tergantung dari kwalitas porang itu sendiri.

Lihat juga:

Pertanyaan Tentang Porang

Berikut adalah beberapa pertanyaan seputar tanaman umbi porang yang perlu diketahui.

1. Berapa penyusutan porang basah menjadi kering?

Di kutip dari laman internet, jika sudah masuk proses pengirisan dan pengeringan dari porang basah lalu dikeringkan menjadi porang kering mengalami penyusutan berat hingga rata-rata 17%. Dari hasil pengeringan tersebut akan menemkan hasil yang maksimal untuk di proses selanjutnya.

2. Berapa ton hasil porang 1 hektar?

Para petani dan pengusaha porang memberikan sebuah ilmu, jika satu hektar lahan dapat menghasilkan 15 – 20 ton porang.

3. Apa Penyebab Harga porang anjlok?

Penyebab utama harga porang menuruh dikarenakan regulasi ekspor porang mulai sulit. Persaingan perdagangan porang internasional menjadi salah satu pemicunya. negara tetangga asia tenggara di tengarai juga mulai membudidayakan tanaman umbi porang.

4. Kemana hasil panen porang dijual?

Untuk menjudal hasil panen porang di ekspor ke Jepang, Cina, dan negara lain yang membutuhkan.

5. Berapa harga porang 1 kg?

Harga porang basang per kilo hari ini dijual 10 ribu sampai 13 ribu, sedang harga porang kering per kilo 55 ribu sampai 65 ribu. jika Permintaan melonjak bukan tidak mungkin harga porang mengalami kenaikan.

Baca juga:

Demikianlan informasi seputar harga porang per 1 kg saat ini lengkap dengan ciri dan jenisnya. Semoga bisa menjadi wawasan bagi anda yang ingin mencoba agrobisnis ini. Harga porang di Madiun, Solo, Karanganyar, Pasuruan, Sidoarjo selalu menarik perhatian PT. Ambico yang ingin membeli porang basah dan kering.