Harga Ayam Pelung Jantan Dewasa Terbaru

Harga Ayam Pelung Terbaru Maret 2024

TANYABERITA.COM – Update informasi harga Ayam Pelung jenis anakan, betina, jantan, jumbo dan untuk kontes. Para pecinta ayam hias tentu tidak asing lagi dengan nama ayam pelung. Jenis ras ayam lokal Indonesia yang banyak tersebar di Jawa Barat memang banyak di cari oleh penggemar ayam.

Untuk mengetahui ayam pelung cukup mudah yaitu memiliki tubuh yang kekar dan gagah. Ketika sedang berkokok, ayam pelung mampu mengeluarkan suara yang merdu dalam jangka yang cukup lama. Supaya mendapat harga ayam pelung murah, belilah jenis anakan yang hanya dijual puluhan ribu rupiah per ekor. Sedangkan untuk ayam pelung siap kontes, per ekornya mencapai jutaan rupiah.

Kelebihan Ayam Pelung

Kelebihan Ayam Pelung

Memang berbeda dengan jenis ayam ras pada umumnya, ayam pelung mempunyai keunggulan yang membuatnya banyak di cari. berikut beberapa kelebihan ayam ini.

  • Mempunyai suara panjang, merdu dan mengalun
  • Bentuk tubuh tinggi besar
  • Mempunyai berpenampilan indah
  • Gagah
  • Berbobot badan besar

Baca Juga:

Tips Memelihara Ayam Pelung

Bagi Anda yang ingin memelihata ayam pelung perlu mempersiapkan jenis pakan yang tepat agar cepat besar seperti memberikan campuran beras merah, kacang hijau dan gabah/dedak. Sebagai tambahan berikan nasi setengah matang yang sudah dicampur dengan madu dan kuning telur secara rutin untuk menghasilkan suara bagus.

Jagung bisa menjadi alternatif pakan ayam pelung yang memiliki kandungan kalsium yang tinggi. Pasalnya jagung cocok untuk membantu pertumbuhan tulang unggas. Jenis unggas lain agar cepat besar dan mempunyai suara merdu tambahkan dedak, voer, bekatul, serta sayuran seperti bayam, sawi, kecambah, kangkung, hingga daun pepaya.

Untuk memelihara ayam pelung memang gampang-gampang susah, namun tidak seperti yang dibayangkan. Saat akan membeli ayam pelung dan di ternak bisa cari referensi dulu melalui situs marketplace online.

Lihat Juga:

Perlu diketahui, saat ini harga ayam pelung dijual dipasaran dengan bervariasi di setiap daerahnya. Ada yang di jual dengan sangat mahal untuk jenis yang sudah dewasa dan siap kontes yang sudah jadi.

Harga Ayam Pelung di Pasaran

Harga Ayam Pelung di Pasaran

Berikut akan kami hadirkan informasi beberapa harga ayam pelung di pasaran dalam negeri yang kami kutip dari berbagai sumber.

Ukuran Ayam PelungKisaran HargaBerat Ayam
Telur Ayam PelungRp35.000 per butir
DOC Ayam PelungRp50.000 per ekorBerat 40 gr
Anakan Ayam Pelung 1,5 bulanRp130.000 per ekorBerat 500 gr
Ayam Pelung 2 BulanRp225.000 per ekorBerat 800 gr
Ayam Pelung Betina DewasaRp355.000 per ekor
Ayam Pelung 3 BulanRp505.000 per ekorBerat 1,2 kg, jengger tunggal
Ayam Pelung 6 BulanRp700.000 per ekorBerat 2 kg, jengger tunggal
Ayam Pelung 7 BulanRp750.000 per ekorBerat 2 kg – 2,5 kg, jengger tunggal tegak, warna bulu merah, kuning, hitam, jalak, dll
Ayam Pelung Siap Kontes 8 BulanRp1.000.000 per ekorBerat 3 kg ke atas, jengger tunggal tegak, warna bulu merah, kuning, hitam, jalak, dll

Sebagai catatan, jika harga ayam pelung dapat berubah sewaktu-waktu dan perlu di cek saat akan membeli di pasar, ke peternak maupun secara online. Sebagai permbandingan, harga ayam peling di tahun 2020 dan 2021 pernah mengalami kenaikan. DOC ayam pelung di tahun 2020 hanya Rp30 ribu per ekor dan saat ini, tahun 2022 DOC ayam peling dijual berkisar Rp50 ribu per ekor.

Baca Juga:

Harga jual ayam pelung yang berpotensi naik menyentuh angka jutaan rupiah jika mempunyai kualitas suara kokok panjang, merdu dan mengalun.