Cara Mengatasi Kulit Bersisik secara Alami, Cepat, Aman dan Mudah Dilakukan

5 Cara Mengatasi Kulit Bersisik secara Alami, Cepat, Aman dan Mudah Dilakukan

TANYABERITA.COM – Kulit bersisik jika tidak diatasi akan dapat merusak penampilan dan menurunkan rasa percaya diri. Kulit bersisik merupakan kondisi ketika lapisan kulit terluar terkelupas. Penyebab utamanya memang kulit kering, tetapi dermatitis dan psoriasis pun bisa menjadi alasannya.

Kondisi kulit bersisik sangatlah mengganggu penampilan dan dapat membuat rasa kepercayaan diri menurun. Jadi tidak mengherankan jika saja tips dan cara mengatasi kulit bersisik selalu saja banyak dicari orang.

Kulit bersisik bisa terjadi pada seluruh area kulit. Tangan, kaki, dan wajah. Masalahnya tidak hanya bersisik, tetapi beberapa kasus enunjukkan ada orang yang sampai merasa sangat gatal.

Cara Alami Mengatasi Kulit Bersisik

Tetapi Anda tidak perlu cemas, karena ada banyak cara untuk mengatasi kulit bersisik menggunakan masker dari bahan alami yang bisa Anda coba.

Seperti yang TanyaBerita.com rangkum dari berbagai sumber, Minggu (28/02/2021), berikut tips dan cara mengatasi kulit kering secara alami.

1. Masker Beeswax & Madu

Cara alami yang petama untuk mengatasi kulit kering bersisik adalah menggunakan kombinasi masker beeswax dan madu. Campuran kedua bahan ini dapat melembabkan kulit bersisik. Pasalnya, kedua bahan ini mengandung antimikroba, antioksidan, dan sifat-sifat humektan.

Caranya cukup mudah. Anda hanya perlu menyiapkan beeswax, madu dan minyak zaitun. Kemudian lelehkan beeswax dan mencampurnya dengan madu dan minyak zaitun. Oleskan campuran tersebut pada area yang bersisik, kemudian diamkan beberapa saat lalu cuci hingga bersih.

2. Masker Yoghurt & Madu

Bahan alami yang kedua untuk mengatasi kulit bersisik adalah yoghurt dan madu. Perawatan dengan masker yogurt plus madu ini pun terbilang cukup aman. Masker ini berisi asam laktat yang membantu untuk membunuh semua bakteri yang menyebabkan kekeringan pada kulit.

Ambil setengah cangkir yogurt dan tambahkan madu. Campurkan bahan dan aplikasikan pada kulit berisik. Diamkan untuk beberapa waktu, selanjutnya Anda cuci dengan air. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil maksimal, kulit halus mulus dan lebih lembab.

3. Masker Minyak Zaitun

Tips mengatasi kulit bersisik secara alami berikutnya adalah dengan memanfaatkan khasiat minyak zaitun. Pasalnya, minyak zaitun termasuk minyak esensial yang dapat membantu mengobati kulit kering, kusam, dan bersisik.

Manfaat ini bisa didapatkan dari kandungan antioksidan dan vitamin yang tinggi pada minyak zaitun. Sehingga kulit Anda akan menjadi lebih mudah terhidrasi dan segar ketika diaplikasiakn dengan minyak zaitun.

Cara melakukannya sangat mudah. Anda siapkan sedikit minyak zaitun dan oleskan pada area kulit bersisik sebelum pergi mandi. Diamkan selama sekitar 30 menit, lalu bilas hingga bersih.

4. Masker Minyak Kelapa

Selain minyak zaitun, Anda juga bisa mengguakan minyak kelapa untuk mengatsi kulit bersisik, kering dan kusam. Pasalnya, minyak kelapa kaya akan kandungan asam lemak yang dapat menghidrasi kulit. Selain itu, minyak kelapa juga dapat membuat kulit bersisik hilang dan lebih segar dari biasanya. Lebih dari itu, minyak kelapa sangat aman digunakan dan mudah ditemukan di sekitar Anda.

Siapkan minyak kelapa, lalu aplikasikan pada kulit kering agak tebal. Diamkan hingga 1 jam, lalu bilas hingga bersih menggunakan air biasa. Sangat mudah kan cara mengatasi kulit kering dengan minyak kelapa?

5. Masker Alpukat, Susu & Madu

Cara terakhir untuk mengatasi kulit bersisik secara alami adalah dengan menggunakan buah alpukat. Alasan mengapa alpukat dapat digunakan untuk mengatasi kulit kering dan bersisik karena memiliki kandungan asam lemak dan vitamin yang sangat tinggi di dalamnya.

Cara mengaplikasikannya untuk mendapatkan kulit cantik alami sangatlah mudah. Pertama Anda siapkan alpukat yang sudah ditumbuk, lalu tambahkan susu dan madu. Campurkan semua bahan tersebut hingga merata. Selanjutnya Anda gunakan sebagai masker dan oleskan pada area kulit bersisik. Biarkan hingga satu jam, kemudian cuci dengan air dingin sampai bersih.